12 Cara Merubah Pola Pikir Seseorang Menjadi Dewasa

Cara merubah pola pikir seseorang menjadi dewasa itu sangat mudah jika hanya untuk teori, akan tetapi dalam segi pengimplementasikan dan apalagi sipelaku sangatlah sulit untuk merubah pola pikir dari anak - anak menjadi lebih dewasa. Hal ini biasanya karena faktor umur dan kesadaran diri sendiri.

1. Harus mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.

Hal ini tentang mana yang baik dan mana yang buruk adalah tentang diri anda sendiri. karena pada diri sendiri akan lebih memahami pola pikir untuk mengetahui hal - hal yang baik, kurang baik, lebih baik, dan tidak baik atau bisa disebut buruk. Contohnya seperti kata "mencuri" kenapa mencuri tersebut menjadi kata yang tergolong hal yang buruk? Karena kata tersebut pasti di dunia luar sudah terbiasa masuk dalam suatu kategori yang berbau hal negatif.

2. Harus dapat memprioritaskan yang pertama. Mana yang didahulukan dan mana yang diakhirkan.

Hal tersebut membahas tentang prioritas yang mana kata pripritas ini adalah point yang penting kedua dalam cara merubah pola pikir kita untuk menjadi lebih dewasa. Karena dalam prioritas, seseorang akan dapat melakukan hal mana yang harus didahulukan terlebih dahulu dan mana yang kurang penting. Disini contohnya seperti kegiatan memakan dan bermain. Apakah kita mendahulukan bermain lalu makan? Ataukah sebaliknya? Mungkin kita dari point yang pertama diatas sudah dijelaskan, dan sambungannya adalah point kedua ini akan menjadi reflek dalam pola pikir kita. Pastinya kita akan lebih memilih memakan dahulu sebelum bermain yang dimana kebutuhan sama keinginan haruslah didahulukan kebutuhan. Maka dari itu prioritas adalah reflek kesadaran diri untuk dapat menjadikan kita untuk mempercepat perubahan pada pola pikir kita.

3. Harus bisa menyelesaikan masalah pada diri sendiri, lalu kita bisa membantu untuk menyelesaikan masalah orang lain tanpa merugikan pihak manapun.

Point ini sangatlah penting untuk menyelesaikan permasalahan dan dapat berpikir yang matang sebelum melakukan hal yang hasilnya sudah dipikirkan akan berdampak bagaimana, baik ataupun buruknya hasil dari aksi yang akan kita putuskan nantinya. Seperti halnya kita pastinya sering mempunyai masalah keuangan, uang sangatlah hal yang utama untuk kita apalagi pada jaman - jaman sekarang ini yang kehidupan mempunyai ekonomi yang sedikit menurun. Jika kita sudah menerapkan point - point yang diatas, maka kita pasti yakin point ketiga ini dapat dengan mudah untuk kita lalui apapun masalah kita. Dan setelah kita dapat menguasai emosi dari semua permasalahan kita, pastilah tentunya kita dapat membantu orang lain yang ingin mendapatkan bantuan kita untuk menyelesaikan masalah orang lain tersebut.

4. Jangan sampai lari dari permasalahan apapun itu.

Pada point ini ada hubungan sangat kuat dari point ketiga. Jangan sampai kita lari dari permasalahan apapun, baik permasalahan yang paling mudah untuk diselesaikan sampai paling sulit. Karena jika kita lari dari masalah takkan dapat merubah permasalahan menjadi selesai, akan tetapi masalah tersebut akan menjadi lebih sulit dan rumit tentunya. Maka dari itu, jika kita mendapatkan permasalahan apapun itu, hadapilah dan berpikirlah bagaimana caranya langkah - langkah atau cara agar masalah tersebut dapat terselesaikan. Itu akan menjadikan kita menjadi berpikir lebih dewasa.

5. Harus berlaku adil dan bijaksana dalam mengambil segala keputusan.

Nah, pada point ini kita pastinya sudah setengah jalan untuk menjadi seseorang yang dapat berpikiran dewasa. Karena dalam sebuah permasalahan perlu adanya keputusan yang tepat, seperti halnya keputusan adil dan bijaksana agar keputusan yang akan kita buat menjadi keputusan yang lebih matang. Akan tetapi keputusan yang kita buat janganlah terburu-buru ataupun bertele-tele. Pastinya kita sudah bisa meng andai-andai kan? Nah itulah reflek kedewasaan kita untuk merubah pola pikir kita.

6. Sayang terhadap diri sendiri dan peduli terhadap orang sekitar kita.

Pada point ini dijelaskan adanya rasa kepedulian pada orang lain dan pastinya kepada diri sendiri juga. Hal ini contohnya sangat jelas adalah pada orang yang sudah berkeluarga, pastinya mereka sudah dapat lebih memahami makna sayang terhadap diri dan peduli pada lingkungan sekitar.

Baca Juga : Kenali Tanda Tanda Pacar Kamu Mulai Bosan

7. Taat dan patuh akan menjalankan ibadah.

Disini dijelaskan taat dan patuh akan menjalankan ibadah, pastinya kita semua punya agama, entah agama apapun tidak memandang perbedaan, tetapi intinya sama dalam sebuah agama pastinya ada peraturan dan perintah untuk  menjauhi apa yang dilarang dan melakukan apa yang diperintahkan Allah / Tuhan dan Rasulallah. Serta haruslah rajindalam melaksanakan ibadah ataupun amalan sunnah lainnya.

8. Lebih mementingkan orang lain daripada diri kita sendiri.

Dalam hal ini adanya perhatian sosial yang sangatlah tinggi untuk dapat diakui oleh masyarakat luar agar kita bisa lebih dihargai oleh masyarakat. Karena dengan mementingkan orang lain daripada diri sendiri sangat berpengaruh dalam pergaulan sosial kita dan kita sangatlah diuntungkan jika kita ada masalah ataupun kendala dalam kehidupan kita, karena masyarakat akan ikut membantu dan berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan yang kita alami tersebut.

9. Haruslah yakin pada diri sendiri, agar kita dapat menjadi orang yang dewasa.

Di point ini dijelaskan tentang keyakinan pada diri kita untuk menjadi diri sendiri. Intinya adalah tidak mudah terpengaruh oleh keyakinan orang lain yang berbeda keyakinan terhadap pemikiran kita.  Kita juga harus dapat melewati masa-masa sulit sebagai seorang remaja dan menjadi orang yang dewasa.

10. Siap menerima perubahan yang akan terjadi selanjutnya.

Pada hal ini maksudnya adalah perubahan menjadi yang lebih baik dari yang sebelumnya dan siap menerima perubahan tersebut dengan berbagai resiko yang telah kita ketahui dan telah kita pikirkan kedepannya. Hal ini membutuhkan mental yang sangat kuat untuk melakukan perubahan yang akan kita hadapi.

11. Dinasehati dan tidak tersinggung

Pada point ini akan banyak mengenai pemikiran dan perasaan yang kuat untuk mendengarkan nasehat atau teguran dari orang lain, baik dari orang tua maupun siapa saja yang telah menegur atau menasehati kita. Kita harus berlapang dada untuk menerima semua hal tersebut, baik itu benar maupun kurang benar. Pastilah kita harus dapat membedakan mana yang pantas di perbaiki dari nasehat atau teguran tersebut dan mana yang hanya kita dengarkan saja.

12. Berhati lembut supaya dapat menerima segalanya dengan lapang dada.

Dari point terakhir ini sangat berhubungan dengan perasaan hati kita. janganlah mudah tersinggung dengan perkataan orang lain dan berusahalah untuk menerima hal tersebut dengan sabar dan lapang dada, meskipun kelihatannya sulit. Tetapi pada point terakhir inilah faktor utama dari cara merubah pola pikir kita untuk menjadi lebih baik agar dapat menuju kedewasaan yang kita inginkan.


Mungkin cukup sekian dari 12 cara untuk merubah pola pikir kita agar menjadi dewasa. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berusaha memahami dan membaca dari setiap point-point yang ada diatas.

Give Your Opinion

Related Articles