Inilah Beberapa Manfaat Cabai untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan rasa yang khas dari sayuran jenis cabai ini. Disamping rasa pedasnya, ternyata cabai mempunyai manfaat buat kesehatan tubuh. Cabai juga dapat digunakan sebagai obat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kita. Buktinya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat pula menggantikan sel-sel yang rusak.

Maxnyoos.com - Cabai pada makanan pedas ini harus dikonsumsi dengan benar, terutama pada perut yang sensitif pada makanan pedas, pastinya akan membahayakan diri sendiri. Akan tetapi berbanggalah buat yang tidak memiliki masalah tersebut. Karena ada banyak kandungan kaisaisin dalam cabai. Apa sih kapsaisin? Kapsaisin adalah zat kimia yang menimbulkan rasa pedas.

Menurut beberapa peneliti, cabai memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, diantaranya :

Menyehatkan jantung

Menyehatkan jantung

Buat yang punya masalah pada jantung, baik penyakit maupun gejala misal seperti jantung lemah, ternyata cabai pada makanan pedas dapat menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Pada hasil penelitian, cabai juga mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Segala bentuk dan jenis Cabai mengandung kapsaisin yang efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor pencegah risiko penyakit jantung.

Baca Juga : Ada Orang yang Kena Serangan Jantung? Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Pertolongan Pertama Ini

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan

Kandungan kapsaisin pada cabai akan mempercepat membantu tubuh dalam membakar kalori lebih cepat dan sangat cocok buat alternatif dalam penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena kapsaisin meningkatkan temperatur tubuh. Makanan pedas ini juga bisa dijadikan hobi buat para pejuang diet yang sudah berusaha kesana kemari menjalani program diet tapi belum berhasil.

Baca Juga : Cara Efektif Memotivasi Diri Untuk Menurunkan Berat Badan

Melancarkan peredaran darah

Melancarkan peredaran darah

Makanan pedas dapat melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya yang banyak.

Mengurangi risiko kanker

Mengurangi risiko kanker

Mengkonsumsi makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Kapsaisin juga berperan untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat yang ada di sekitarnya.

Baca Juga : Makanan Untuk Memerangi Kanker Yang Dapat Kamu Tambahkan Pada Saat Diet

Memperlancar saluran pencernaan

Memperlancar saluran pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran pencernaan adalah meningkatkan sirkulasi darah di dalam perut dan meningkatkan lapisan mukus. Kapsaisin juga berperan dalam membantu membunuh bakteri penyebab pencernaan kurang lancar. Akan tetapi jika sehabis makan pedas perut terasa panas, itu adalah tanda-tanda dari asam lambung naik, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

Baca Juga : Terbukti! Ternyata Makanan Pedas Berguna Melancarkan Pencernaan dan Menyehatkan

Memperlancar organ pernapasan

Memperlancar organ pernapasan

Cabai pada makanan pedas juga berperan dalam membantu penderita yang mempunyai penyakit asma, sinusitis, bronkitis kronik, dan penyakit pernapasan lainnya. Jadi sangat bermanfaat dalam menyehatkan dan menyembuhkan organ pernapasan.

Menyembuhkan penyakit Flu

Menyembuhkan penyakit Flu

Kandungan kapsaisin dalam cabai juga dapat menyembuhkan dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Karena kandungan tersebut juga berfungsi membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

Tidur lebih nyenyak

Tidur lebih nyenyak

Hasil penelitian dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas menjadi lebih mudah dan nyenyak untuk tidur, dan juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar dari sebelumnya.

Baca Juga : Simak 9 Cara Mudah Agar Tubuh Dapat Tidur Lebih Nyenyak

Give Your Opinion

Related Articles