Inilah Fungsi, Kelebihan dan Manfaat dari SSH yang Sebenarnya! Simak Baik - Baik!

Secure Shell atau biasa dikenal dengan sebutan SSH yang merupakan protokol jaringan dan berjalan diatas TCP/IP Layer. Disini saya akan membahas sedikit tentang SSH. Mungkin banyak dari kita yang belum mengerti atau kurang mengerti apa itu SSH? Apa manfaat SSH? Apa keuntungan menggunakan SSH? Nah, langsung saja ke pembahasan mengenai SSH.

Pengertian dari SSH

SSH adalah aplikasi pengganti remote untuk login seperti rsh, rlogin, dan telnet, yang lebih aman. Fungsi utama dari SSH ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. SSH Client menyediakan pengguna dengan Shell tersebut untuk me-remote ke mesin. SSH juga menyediakan koneksi yang ter-enkripsi antara client dengan server. Penggunaan menggunakan telnet dan ssh seperti perbedaan mengakses website biasa (HTTP) dengan website yang lebih aman (HTTPS).

Manfaat dari SSH

Dengan memakai SSH, kita dapat bergerak bebas melalui file akun pada hosting. Kita juga dapat menjalankan tugas, seperti halnya memonitoring log file dan memulai atau menghentikan service. Kita juga dapat menggunakannya untuk menginstall software ke akun hosting atau memanage database pada MySQL. SSH memberikan kita ijin untuk melakukan banyak hal lebih dari web biasanya.

Keuntungan penggunaan SSH

SSH memberikan fasilitas enskripsi data, sehingga kemungkinan virus seperti halnya malicious tidak dapat mengakses informasi user dan password. SSH juga memfasilitasi kita supaya dapat menembus protokol lain contohnya seperti FTP. Inilah beberapa hal perlindungan yang diberikan SSH :

- DNS Spoofing

Apa itu DNS Spoofing? DNS spoofing adalah tembolok yang berbahaya, dimana data yang ditempa ditempatkan di cache name server. Penyerangan hacking jenis ini dilakukan dengan cara memasukkan data kedalam Sistem Domain yang dimana Name Server cache database. Hal ini akan menyebabkan Name Server akan kembali ke IP yang salah sehingga dapat mengalihkan lalu lintas ke komputer lain.

- Manipulasi Data seperti router yang ada dalam jaringan

Penyerang memperoleh dan dapat merubah data pada perantara dalam jaringan yang terhubung dari router.

- IP Address Spoofing

IP Spoofing ini dapat menyembunyikan IP dengan membuat IP yang berisikan alamat IP yang palsu yang bertujuan meniru koneksi lain dan menyembunyikan identitas IP asli ketika kita mengakses sebuah informasi dari internet.

Akun dan penggunaan dari SSH ini bisa kita dapatkan secara gratis dari penyedia provider asalkan syaratnya server base on linux. Adapun yang berbayar atau premium dengan fasilitas yang lebih baik dan komplex tentunya.

SSH dapat digunakan untuk untuk berinteraksi dengan server untuk mengontrol aktivitas server melalui SSH ini. Fitur SSH juga tersedia pada VPS yang ada di MWN.

Baca Juga Install OS Linux : Install OS Kali Linux Android Smartphone (Do It Yourself)

Banyak sekali manfaat dan kelebihan seputar SSH. Akan tetapi ada kebanyakan orang yang menyalahgunakan untuk aktivitas yang negatif. Seperti halnya pengguna internet gratis dengan konfigurasi yang berbeda tiap operator akan membutuhkan Akun SSH, baik akun yang gratis maupun yang berbayar. Pastinya akan merugikan operator yang telah dijebol konfigurasinya untuk berinternet secara gratis.

Semoga Akun SSH dapat kita gunakan untuk hal yang positif. Mungkin cukup sekian pengertian manfaat dan kelebihan dari Akun SSH ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Give Your Opinion

Related Articles