Ketahui 10 Hal Sepele Yang Biasa Kamu Lakukan Bisa Jadi Penyebab Komputer Menjadi Lemot

Sayangnya, banyak pengguna komputer yang sering suka seenaknya memperlakukan perangkat keras satu ini, sehingga mengakibatkan performa yang dihasilkan semakin menurun.

MaxNyoos.com – Perangkat komputer atau laptop merupakan perangkat penting yang kamu gunakan sehari-hari. Walaupun kini telah hadir smartphone yang memiliki berbagai fitur canggih yang dapat mengantikan keberadaan komputer, namun device satu ini tetap menjadi andalan bagi pekerja kantoran dan para pejuang skripsi.

Sayangnya, banyak pengguna komputer yang sering suka seenaknya memperlakukan perangkat keras satu ini, sehingga mengakibatkan performa yang dihasilkan semakin menurun. Nyatanya, banyak hal sepele yang penyebab komputermu menjadi lemot hingga rusak. Karena itu perlu kamu ketahui 10 hal sepele penyebab komputer menjadi lemot

1. Tidak Pernah Membersihkan Debu

1.	Tidak Pernah Membersihkan Debu

Menjaga kebersihan komputer adalah suatu hal yang wajib bagi para pengguna. Salah satu kotoran yang banyak di temui adalah debu. So, agar perangkat komputermu awet dan jarang mengalami trouble, rajin-rajinlah membersihkannya dari debu yang menempel.

2. Software Jarang di Update

2.	Software Jarang di Update

Penyebab laptop menjadi lemot selanjutnya bisa jadi karena kamu mengabaikan tawaran untuk meng-update software secara rutin. Dengan melakukan update software bisa meningkatkan performa komputer dan memperbaiki bug yang ada.

Baca Juga 6 Negara Ini Menjadi Penghasil Smartphone Terbaik di Dunia

3. Sering Download Sembarangan

3.	Sering Download Sembarangan

Banyak pengguna komputer memiliki kecenderungan untuk men-download apa saja yang mereka inginkan tanpa mewaspadai sumber tempat mereka men-download. Bisa saja terdapat berbagai jenis virus dan malware yang disisipkan pada file yang kamu download.

4. Aplikasi Yang Berjalan Terlalu Banyak

4.	Aplikasi Yang Berjalan Terlalu Banyak

Banyaknya program dan aplikasi yang berjalan secara otomatis di laptop mu kerap menjadi penyebab device mu menjadi lemot. Hal ini jelas sangat menyiksa, sehingga kinerja laptop dipaksa untuk bekerja lebih keras.

5. Tidak Pernah Mematikan Komputer

5.	Tidak Pernah Mematikan Komputer

Kamu tipe orang yang selalu aktif menggunakan komputer? Kebanyakan tipe seperti ini sangat jarang atau bahkan nyaris tidak pernah mematikan komputer dikarenakan akan digunakan dalam waktu dekat. Namun sebenarnya, dengan mematikan komputer atau merestart akan merefresh sebagian ruang RAM dan tentunya mengistirahatkan komputer dari kerja keras yang dilakukannya sehingga akan lebih fresh ketika digunakan nantinya.

6. Terlalu Banyak Menyimpan File ‘Sampah’

6.	Terlalu Banyak Menyimpan File ‘Sampah’

Kapasitas hard drive yang diberikan komputer saat ini memang sudah besar, sehingga memungkinkan untuk menyimpan banyak file baik berupa koleksi foto dan video, lagu-lagu favoritmu. Namun harus kamu ketahui, menyimpan file gak terlalu penting yang banyak dapat berpotensi menjadi ‘sampah’ karena ruang tersebut dapat digunakan untuk beberapa fitur seperti System Restore dan Hibernate.

7. Mengabaikan Masalah Dialami Komputer

7.	Mengabaikan Masalah Dialami Komputer

Biasanya komputer akan memberikan notifikasi ataupun peringatan apabila mengalami masalah, namun kebanyakan dari kamu akan mengabaikannya dan masa bodo terhadap peringatan tersebut! Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab komputermu akan mengalami penurunan performa. Selain memperbaiki masalah pada software, kamu juga harus memperhatikan masalah hardware seperti chip RAM atau hard drive yang using agar performa komputer menjadi terjaga.

8. Menggunakan Sistem Keamanan Asal-Asalan

8.	Menggunakan Sistem Keamanan Asal-Asalan

Pastinya kamu tidak menginginkan jika data atau file penting yang ada di komputer dicuri kan? Namu kamu sendiri sering tidak memperhatikan masalah keamanan dalam komputermu tersebut. Misalkan menggunakan password 123456 dengan alasan tidak ingin ribet, hal ini dapat berakibat fatal. Karena itu jika kamu tipe seperti ini, lebih baik untuk meningkatkan keamanan di perangkatmu.

9. Menggunakan Koneksi Wifi Sembarangan

9.	Menggunakan Koneksi Wifi Sembarangan

Semua oang pasti senang dengan koneksi internet gratis. Apalagi ketika berada di tempat-tempat umum, biasanya kamu akan mencari sinyal WiFi gratis. Tapi kamu tetap harus waspada, karena kehebatan skill para hacker jaman now membuat mereka dapat menggunakan WiFi ditempat umum sebagai sarana untuk mencuri data ataupun memasukkan virus ke perangkat kamu. So, lebih baik untuk berhati-hati dalam meng-koneksikan perangkat dengan WiFi gratis.

10. Menggunakan OS Jadul

10.	Menggunakan OS Jadul

Menyukai hal-hal klasik dan retro pastinya hal sebuah keunikan yang keren. Namun jangan pernah menerapkannya pada perangkat komputer yang kamu miliki. Misalkan kamu sudah sangat nyaman saat menggunakan OS Windows XP dan masih menggunakannya hingga saat ini dimana sudah terdapat Windows 10, dan hal ini tentu saja dapat menurunkan performa komputermu. Penyedia OS menyarankan untuk sebisa mungkin memperbaharui OS jadul yang kamu gunakan.

Give Your Opinion

Related Articles