Pulau Sabu, Menikmati Keindahan Alam Dari Timur Indonesia

Pulau Sabu berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki sejuta pesona yang sayang untuk dilewatkan.

MaxNyoos.com – Pulau Sabu adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini merupakan salah satu dari pulau terluar yang ada di Indonesia. Segaris dengan pulau Sumba, Rote dan Timor. Penduduk pulau ini biasa menyebut pulau Sabu dengan sebutan Rai Hawu yang artinya Tanah dari Hawu. Nama Rai Hawu berasal dari nama salah satu leluhur mereka yakni Hawu Ga yang dianggap pertama kali mendatangi pulau tersebut.

Banyak orang yang belum tahu tentang keberadaan pulau cantik yang namanya Sabu. Pulau ini sekarang menjadi Kawasan Nasional Konservasi Paus dan Aneka Hewan Laut. Keadaan alam di pulau Sabu terbilang ekstrim, dikarenakan musim hujan hanya berlangsung antara bulan Desember hingga Maret. Dan selebihnya adalah musim panas dengan suhu berkisar 28-32 derajat Celcius.

Pesona Alam Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur

Pesona Alam Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur Sumber : facebook.com/adi.a.sabunesse

Pulau Sabu juga menyimpan banyak pesona alam yang akan membius para turis domestik maupun luar negeri untuk berkunjung. Memiliki garis pantai yang indah, dan dikarenakan masih belum banyak yang mengenal pulau ini maka kamu akan berasa berada di pantai pribadi.

Tak hanya pantai yang indah, pulau Sabu juga memiliki perbukitan yang cantik, padang savanna, dan wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Kamu juga bisa melihat bagaimana proses pembuatan gula dari nira lontara dan cara menyadap nira.

Rute Menuju Pulau Sabu

Rute Menuju Pulau Sabu Sumber : facebook.com/adi.a.sabunesse

Untuk menuju pulau Sabu kamu bisa datang melalui Kupang atau dari Sumba. Jika dari Sumba, dapat menggunakan 

  • Pesawat Susi Air yang dengan harga tiket Rp. 260.000,-  jadwal penerbangannya mulai hari Senin sampai hari Jumat. 
  • Selain menggunakan pesawat, kamu juga bisa naik kapal feri ASDP dengan harga tiket Rp. 96.000,- yang berangkat setiap hari Senin dan tiba pada hari Selasa subuh di pulau Sabu.

Sedangkan jika dari Kupang, terdapat banyak transportasi menuju pulau ini. Mulai dari 

  • Pesawat setiap hari Senin sampai Sabtu, dengan harga tiketnya Rp. 1.200.000,- . 
  • Menggunakan feri ASDP yang berangkat setiap hari Senin dan Jumat, harga tiketnya Rp. Rp. 110.000,- dengan lama perjalanan 10 jam. 
  • Feri cepat tiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, dengan harga tiketnya Rp. 250.000,- dengan lama perjalanan 4-5 jam. 
  • Dan feri malam tiap hari Minggu, Selasa, dan Kamis, dengan harga tiketnya Rp. 250.000,- dengan lama perjalanan 10 jam.

Fasilitas Yang Ada di Pulau Sabu

Fasilitas Yang Ada di Pulau Sabu Sumber : facebook.com/adi.a.sabunesse

Meski pulau ini terbilang pulau luar, namun fasilitas di pulau Sabu sudah terbilang lengkap. Terdapat penginapan dan warung-warung yang menjual makanan dan keperluan sehari-hari. Biaya penginapan yang ada berkisar antara Rp. 250.000,- hingga Rp. 500.000,- per malamnya. Untuk berkeliling pulau Sabu sambil menikmati keindahan pulau, sudah tersedia jasa rental mobil ataupun ojek yang bisa kamu sewa.

Waktu yang tepat untuk berkunjung dan ke pulau Sabu adalah sekitar akhir Mei atau awal Juni hingga pertengahan. Karena kamu bisa menyaksikan panorama alam yang masih hijau dan kondisi jalan yang tidak becek karena hujan, dan terdapat acara adat yang bisa kamu nikmati pada bulan itu sebagai bonusnya.

Give Your Opinion

Related Articles