10 Makanan Ampuh Untuk Turunkan Kolesterol Setelah Santap Kuliner Bersantan Saat Idul Adha

Untuk menekan angka kolesterol, sebaiknya lekas siapkan serta konsumsi makanan dan minuman yang bisa menjadi penetralisir.

MaxNyoos.com - Idul Adha datang dan artinya stok daging pun melimpah di lemari es. Umumnya, kebanyakan dari kita akan mengolah daging tersebut menjadi masakan bersantan. Misalnya gulai, tongseng, dan rendang, selain tentunya dimasak menjadi sate.

Di balik kelezatannya, ada satu hal yang paling kita takutkan saat makan daging di momen Idul Adha: meningkatnya kolesterol. Untuk menekan angka kolesterol, sebaiknya lekas siapkan serta konsumsi makanan dan minuman yang bisa menjadi penetralisir. Apa saja?

Dilansir dari Travel Tribunnews, berikut beberapa deret buah dan minuman yang bisa menurunkan kadar kolesterol saat Idul Adha:

1. Mangga

1. Mangga

Buah mangga banyak mengandung vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat. Vitamin C dalam buah mangga akan mencegah kolesterol jahat yang teroksidasi menjadi plak dalam tubuh.

2. Jambu Biji

2. Jambu Biji

Kandungan likopen dalam buah jambu biji ternyata memiliki peran penting. Kandungan tersebut mampu mengendalikan lambatnya produksi kolesterol dalam tubuh.

3. Apel

3. Apel

Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin — serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan.

4. Alpukat

4. Alpukat

Alpukat kaya vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

5. Pir

5. Pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel.

Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun.

6. Pepaya

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan, misalnya likopen, vitamin C, dan vitamin E.

Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah.

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jeruk

7. Jeruk

Jeruk juga kaya serat larut air dan dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah penurun kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol.

Jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL.

8. Rebusan jahe

8. Rebusan jahe

Air rebusan jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menyingkirkan infeksi tenggorokan. Jahe kaya akan enzim dan minyak alami yang bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat dari tubuh.

9. Semangka

9. Semangka

Semangka juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Hal ini diketahui karena semangka mengandung likopen yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

10. Pisang

10. Pisang

Pisang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

Give Your Opinion

Related Articles