10 Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Jakarta, Dari Low Class - High Class

Masih bingung hendak mencari tempat buka puasa di Jakarta? Jakarta memang menyediakan beragam tempat makan untuk menjadi rujukan ketika Anda hendak berbuka puasa sendiri atau bersama teman-teman.

Masih bingung hendak mencari tempat buka puasa di Jakarta? Sebenarnya Anda tidak perlu bingung, karena Anda bisa menemukan berbagai macam tempat makan di ibu kota negara Indonesia ini. Mulai dari tempat makan kaki lima hingga bintang lima semua tersedia di Jakarta.

Jakarta memang menyediakan beragam tempat makan untuk menjadi rujukan ketika Anda hendak berbuka puasa sendiri atau bersama teman-teman. Namun, penulis telah merangkum sepuluh tempat buka puasa di Jakarta yang unik dan menjadi favorit bagi warga Kota Jakarta. Yuk, simak rekomendasi tempat buka puasa yang ada di Jakarta.

Wisata Kuliner Pecenongan

Wisata Kuliner Pecenongan

Kalau Anda ingin mencari tempat buka puasa di kawasan Jakarta Pusat, mampir saja ke Wisata Kuliner Pecenongan. Ini adalah salah satu tempat buka puasa di Jakarta yang pasti diserbu ketika Bulan Ramadhan. Ada restoran, warung, sampai gerobak kaki lima yang menjual makanan di kawasan ini.

Beragam hidangan nusantara semuanya tersedia di Wisata Kuliner Pecenongan ini, mulai dari makanan khas Sunda, Palembang, Jawa, sampai dengan Padang. Sebelum menyantap makanan berat, Anda juga bisa menyantap takjil dengan membeli aneka es yang tersedia di sini. Pokoknya, buka puasa di kawasan Pecenongan ini dijamin puas deh!

Santa Modern Market

Santa Modern Market

Pasar Santa atau yang juga dikenal sebagai Santa Modern Market adalah sebuah tempat buka puasa di Jakarta yang cocok banget untuk dipilih sebagai tempat bukber alias buka bersama. Selera setiap orang tentu berbeda-beda, maka dari itu bukber di Pasar Santa yang menyediakan banyak pilihan stan makanan ini sangat cocok untuk memenuhi selera setiap orang.

Beragam makanan Indonesia, Chinese, Jepang, sampai dengan Western semuanya tersedia di sini. Yang menarik harga makanan di sini sangat terjangkau dan tidak bikin kantong bolong. Meskipun namanya Pasar Santa, tetapi kondisi food court di pasar ini sangat rapi dan bersih, lho.

Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Kapuk atau yang disingkat PIK adalah tempat buka puasa di Jakarta yang paling favorit. Di sini, Anda bisa menemukan puluhan restoran atau cafe. Tempat nongkrong ini sangat cocok untuk berbuka puasa dengan teman-teman atau keluarga yang memiliki selera makanan yang berbeda. Pasalnya, restoran yang ada di PIK ini menawarkan berbagai hidangan khas Indonesia maupun dari berbagai negara.

Beberapa tempat makan yang ada di PIK antara lain adalah Kimchi Grandma (Korea), Warung Rawit (Indonesia), Bola Seafood Acui (Seafood), Itadakimasu (Jepang), Gastro Alley (Western), dan beberapa pilihan warung atau restoran lainnya.

Baca Juga Tetap Eksis! Gudeg Legendaris Mbah Lindu di Jogja Sudah Berjualan Sebelum Kemerdekaan

Sop Kaki Kambing Bang Karim

Sop Kaki Kambing Bang Karim

Buka puasa dengan sop kaki kambing yang terbuat dari campuran susu pasti sangat lezat. Ada banyak warung sop kaki kambing di Jakarta, tetapi warung Sop Kaki Kambing Bang Karim ini adalah salah satu yang paling ramai pengunjung dan menjadi favorit masyarakat Jakarta. Kuah susu dari hidangan ini beraroma cengkeh dan kapulaga yang sangat harum.

Selain sop kambing, tempat ini juga menjajakan soto dengan lauk daging, lidah, kikil, babat, dan paru. Namun, Anda harus sabar mengantri ketika berkunjung ke warung yang terletak di bawah flyover ini. Sop Kaki Kambing Bang Karim berada di Jalan Kh. Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sulaiman Resto

Sulaiman Resto

Tak masalah jika Anda ingin berbuka puasa dengan menu chinese food, tapi Anda harus mencari masakan chineseyang halal. Sulaiman Resto adalah restoran chinese food yang menjamin kehalalan setiap hidangan yang disajikan.

Pemiliknya adalah Sulaiman Han, seorang muslim keturunan Tionghoa yang berasal dari Provinsi Shaanxi, Tiongkok. Hidangan favorit di Sulaiman Resto adalah Mie Telur Ayam Tomat Berkuah, Kucai Telur Ayam, Paha Kambing Bergizi, Cah Capcai, dan Jiaozi Daging Kambing. Sulaiman Resto bisa dikunjungi di Jalan Batu Ceper No. 73, Pecenongan, Jakarta Pusat.

Sop Buntut Ibu Samino

Sop Buntut Ibu Samino

Sepiring nasi putih dan semangkuk sop buntut pasti menjadi kombinasi yang sempurna untuk hidangan buka puasa. Nah, kali ini rekomendasikan Sop Buntut Ibu Samino yang membuka beberapa cabang di Jakarta.

Uniknya, menu sop buntut di sini terdiri dari beberapa variasi, seperti sop buntut cabe hijau, sop buntut bakar, atau sop buntut goreng. Konon, sop buntut yang satu ini diklaim menjadi langganan tetap bagi mantan presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, lho. Alamat Sop Buntut Ibu Samino di Jalan New Delhi Pintu 1 (belakang Hotel Century), Senayan, Jakarta Selatan.

Baca Juga Resep Membuat Sop Konro Khas Makassar Yang Segar dan Nikmat

Pujasera Blok S

Pujasera Blok S

Salah satu tempat buka puasa di Jakarta yang wajib banget Anda kunjungi jika ingin bukber adalah Pujasera Blok S. Tempat makan di kawasan Jakarta Selatan ini selalu ramai oleh pengunjung. Tidak cuma saat Bulan Ramadhan saja, Pujasera Blok S juga selalu dipadati pengunjung pada hari biasa maupun akhir pekan.

Mau makan bakso, iga bakar, atau bebek goreng semuanya tersedia di Pujasera Blok S. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang menyediakan berbagai pilihan makanan yang berbeda. Jadi, Anda dan teman-teman tidak perlu pusing lagi mencari tempat makan yang menyediakan hidangan sesuai selera masing-masing karena di sini kita semua bisa mendapatkan makanan buka puasa yang sesuai selera.

Pasar Benhill

Pasar Benhill

Setiap Bulan Ramadhan selalu dibuka pasar kaget yang menjual berbagai macam makanan dan takjil di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Jadi, buat Anda yang ingin bukber dengan jajanan dan makanan yang aneka ragam jenisnya, Anda bisa datang ke Pasar Benhill.

Menjelang waktu buka puasa, pasar ini tentu saja semakin ramai dipadati pengunjung. Meskipun harus sedikit berdesak-desakan dengan pengunjung lain, Anda pasti tidak akan melupakan momen berburu makanan untuk buka puasa di Pasar Benhill ini.

Al Nafoura Lebanese Restaurant

Al Nafoura Lebanese Restaurant

Mau buka puasa dengan makanan khas Lebanon? Yuk, datang ke Al Nafoura di Hotel Le Meridien Jakarta. Restoran ini menawarkan konsep buffet atau makan sepuasnya. Pilihan makanannya sangat beragam dan cocok banget untuk buka bersama di bulan yang suci ini.

Suasana di restoran ini juga sangat kental dengan dekorasi khas Timur Tengah. Musik-musik Timur Tengah juga diputar untuk menemani santap buka puasa Anda. Yang pasti, makanan di sini semuanya halal. Apalagi masakan yang dibuat dari daging kambing terasa empuk dan tidak bau.

Abunawas Restaurant

Abunawas Restaurant

Abunawas adalah sebuah restoran bergaya Timur Tengah yang juga menyajikan makanan khas Arab Saudi dan sekitarnya. Ketika Anda masuk ke dalam tempat buka puasa di Jakarta yang istimewa ini, Anda akan merasa seperti berada di istana Timur Tengah. Menu makanan di sini pun ditulis dalam Bahasa Arab, tetapi ada pula penjelasannya dalam Bahasa Inggris.

Menu di Abunawas Restaurant yang paling cocok untuk berbuka puasa adalah Lahm/Samak-Mashwi/Maqli (daging kambing/ikan goreng atau bakar), Lahm Mugalgal (daging kambing yang dimasak dengan tomat, bawang merah, paprika hijau, dan sedikit bumbu pedas), Kebab Dajaj (roti kebab isi daging ayam). Abunawas Restaurant membuka dua cabang di Jakarta, yakni di Jalan Matraman No. 15 Jakarta Timur dan Jalan Kemang Utara No. 15 Jakarta Selatan.

Itulah 10 rekomendasi tempat berbuka puasa bagi pembaca yang berdomisili di Jakarta. Cari tahu tempat buka puasa lainnya disini.


Sumber

Give Your Opinion

Related Articles