11 Singkatan Yang Artinya Jarang Diketahui, Walau Sering DiDengar Atau Diucapkan

Kadang kala singkatan kata menjadi bahan pembicaraan kita sehari hari namun apakah dari anda yang mengerti kepanjangannya dari singkata itu, bagi yang belum mengerti yuk mari kita simak :

Maxnyoos.com Banyaknya singkata yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari selama ini, kita semua mungkin terbiasa berbicara menggunakan singkatan. Dimulai dari nama merek, hingga singkatan sederhana menyangkut nama benda yang ada di sekeliling kita.

Dilansir dari kumparan.com Dalam menyebutkan singkatan tersebut, proyeksi benda yang bersangkutan langsung muncul dalam benak kamu. Bahkan saking seringnya singkatan tersebut dipergunakan, banyak dari kamu yang terkecoh dan jadi tak sadar bahwa kata tersebut sejatinya merupakan sebuah singkatan.

Berikut ini, kumparan sudah merangkum sederet singkatan yang selalu kamu gunakan, namun belum tentu paham apa kepanjangannya. Ini dia daftarnya!

1. Robot

1. Robot

Selama ini mungkin kamu terkecoh dengan menyangka bahwa robot merupakan sebuah kata. Namun nyatanya, hal ini justru salah besar! Robot merupakan singkatan dari Residents Official Board of Technology, yang berarti mesin yang bisa bergerak.

2. HP

2. HP

Merek perangkat komputer dan laptop yang satu ini sudah mendunia. kumparan yakin, tak sedikit dari kamu yang menggunakan produk dari HP.

Tak banyak orang yang sadar, bahwa HP sejatinya merupakan singkatan dari Hewlett Packard. Nama ini diambil dari nama pendirinya, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard.

3. WC

3. WC

Hayo jujur, siapa di antara kamu yang tahu apa kepanjangan dari WC? Meski sudah mengenal istilah yang satu ini sejak kecil, tak banyak dari kamu yang tahu apa kepanjangannya.

Adalah Water Closet, yang berarti tempat untuk buang air besar.

4. BH

4. BH

Nah, pakaian dalam perempuan yang satu ini dikenal dengan istilah BH. Tahukah kamu apa kepanjangan dari dua huruf penuh makna yang satu ini? Adalah Buste Hounder, bahasa Belanda untuk penyangga payudara. Pernah dengar sebelumnya?

5. GPS

5. GPS

"Pakai GPS aja, pak!" tutur kamu kepada sang pengendara saat hendak menaiki ojek online. Kerap disebut-sebut dalam kehidupan sehari-hari, kumparan yakin banyak di antara kamu yang tak tahu apa kepanjangan dari GPS.

GPS sejatinya merupakan singkatan dari Global Positioning System, atau dikenal sebagai Sistem Pemosisi Global dalam bahasa Indonesia. Atau istilah awamnya: peta!

Baca Juga 14 Singkatan Kekinian Kids Jaman Now Buat Ngakak !

6. DAMRI

6. DAMRI

Bus yang biasa kamu naiki menuju ke airport atau bandara biasa dikenal dengan nama DAMRI. Namun, tahukah kamu apa kepanjangan yang bersembunyi di balik istilah tersebut?

Adalah Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia, yang terbentuk pada 15 November 1946 silam. Merasa familiar?

7. Ray-Ban

7.  Ray-Ban

Kamu pecinta kacamata hitam pasti kenal dengan merek kacamata premium ini. Tahukah kamu apa kepanjangan nama dari Ray-Ban serta asal muasalnya?

Merek ini lahir karena permintaan seorang pilot yang ingin dibuatkan kacamata untuk menghalangi sinar matahari masuk ke matanya selama terbang. Menghalangi sinar matahari dalam bahasa Inggris tertulis 'x-ray banned'.

Sang perusahaan, Bausch & Lomb, berpikir untuk menyempurnakan nama tersebut. Lalu lahirlah nama Ray-Ban, yang berarti penghalang sinar matahari.

8. H&M

8. H&M

Ritel busana raksasa asal Swedia ini memang telah mendunia namanya. Di Indonesia sendiri, H&M begitu digemari oleh banyak kalangan.

Saking familiar dengan nama 'H&M', pernahkah terpikirkan oleh kamu apa kepanjangannya? Tak banyak yang tahu, H&M merupakan singkatan dari nama Hennes & Mauritz.

Awalnya, H&M bernama Hennes, yang artinya 'Hers' atau milik perempuan. Pada saat itu, H&M hanya menjual pakaian perempuan saja. Namun pada 1968, Hennes mengubah namanya karena bergabung dengan lini pakaian pria asal Stockholm, Maurits Widforss.

Akhirnya jadilah nama H&M, yang berarti Hennes & Mauritz.

9. OK

9. OK

"Oke!"

Kata yang satu ini biasanya digunakan semua orang untuk menyatakan rasa setujunya atas suatu hal. Kata OK ternyata memiliki kepanjangan, lho! Singkatan ini berasal dari bahasa inggris, yaitu All Correct atau semua benar. Namun di Indonesia, kata ini berubah jadi All Korrect atau OK.

10. LASER

10. LASER

Begitu mendengar kata laser, bayangan cahaya yang menyilaukan langsung muncul dalam benak kamu. Ternyata, istilah yang satu ini merupakan singkatan dari Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation, lho! Pernah tahu sebelumnya?

11. HVS

11. HVS

Saat fotokopi atau nge-print skripsi, kamu pasti selalu menyebut-nyebut istilah kertas HVS. Selalu disebut-sebut, tahukah kamu bahwa singkatan HVS berasal dari bahasa Belanda? Hout Vrij Schrift adalah bahasa belanda untuk kertas tulis.

Give Your Opinion

Related Articles