26 Kuliner Khas Masyarakat Bugis Yang Wajib Kamu Coba

Tiap suku pastinya memiliki kebiasaan yang berbeda-beda pula, mulai dari adat yang berkembang, kuliner, dan lain-lain.

1. Coto Makassar

1.	Coto Makassar

Makanan khas ini tidak hanya popular di kota Makassar saja loh, tapi di semua penjuru nusantara juga. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Makassar namun belum mencicipi kuliner ini.

2. Sop Konro

2.	Sop Konro

Sop Konro terdiri dari Iga sapi ataupun daging sapi yang direbus bersama dengan rempah-rempah lainnya seperti kayu manis, air asam jawa, dan masih banyak rempah lainnya. Warna gelap sop konro menjadi ciri khasnya. Warna hitam tersebut didapatkan dari buah kluwak.

3. Sop Saudara

3.	Sop Saudara

Makanan khas kabupaten Pangkep ini sangat nikmat dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Dari namanya mungkin terlihat biasa, namun sop saudara berbeda dengan sop sayur biasanya. Rempah-rempah yang digunakan lebih banyak sehingga lebih gurih.

4. Es Palu Butung

4.	Es Palu Butung

Siang-siang nikmatnya makan es biar badan jadi adem lagi. Es Palu Butung ini terdiri dari pisang hijau yang di iris-iris dan dicampur krim berwarna putih.

5. Pisang Epe’

5.	Pisang Epe’

Kuliner satu ini merupakan primadona bagi para traveler jika berkunjung ke kota Bugis. Pisang kepok yang dibakar di atas bara api kemudian dibolak-balik sampai mengeluarkan aroma harum. Kemudian pisang di tekan sampai pipih lalu dibakar lagi, dan diberi toping gula merah dan air daun pandan.

6. Barongko

6.	Barongko

Kue bugis berbahan pisang yang dihaluskan ini biasanya dijadikan makanan penutup pada acara-acara penting. Pisang dicampur dengan telur, gula, garam, dan susu bubuk kemudia dibungkus daun pisang dan direbus membuat kuliner khas bugis ini jadi primadona.

7. Palu Basa

7.	Palu Basa

Selain coto Makassar makanan khas lainnya yaitu palu basa. Cara penyajiannya mirip dengan coto Makassar, hanya saja pembedanya terdapat pada daging yang digunakan yaitu daging sapi dan jeroan.

8. Gogoso

8.	Gogoso

Jajanan khas bugis satu ini akan ikut meramaikan momen saat lebaran. Gogoso terbuat dari beras ketan yang di bungkus daun pisang, kemudian di bakar menggunakan bara api. Biasanya dinikmati ber sama dengan telur asin.

9. Mie Titi

9.	Mie Titi

Kuliner bugis yang tepat untuk dinikmati saat malam hari adalah mie titi. Mie yang garing, disiram dengan kuah yang dicampur dengan kombinasi daging serta seafood dan sayur-sayuran.

10. Juku Palu Ce’la

10.	Juku Palu Ce’la

Buat kamu yang suka makan ikan, bisa mencoba kuliner menarik yang satu ini. Juku Palu Ce’la biasanya menggunakan ikan cakalang, laying, bolu. Ikan dimasak dengan bahan kunyit dan garam saja. Namun dimasak hingga semua bahan-bahan meresap ke dalam daging ikan.

11. Bebek Palekko

11.	Bebek Palekko

Untuk itik, masyarakat bugis memiliki resep khas yang nikmat. Nasu Palekko menggunakan banyak rempah-rempah yang dihaluskan kemudian dimasak hingga rempah meresap kedaging.

12. Kapurung

12.	Kapurung

Untuk masyarakat Sulawesi Selatan mereka biasanya menyebut kapurung, berbeda dengan warga papua mereka menyebut makanan ini papeda. Terbuat dari tepung sagu, dan dikombinasikan dengan ikan serta macam-macam sayuran.

13. Burasa’

13.	Burasa’

Burasa ini juga salah satu makanan khas bugis. Mirip seperti lontong, dan berbahan baku beras dan diberi sedikit santan. Burasa biasanya dihidangkan dengan taburan kelapa kering, gula, garam serta cabai.

14. Putu Cangkiri’

14.	Putu Cangkiri’

Putu cangkiri adalah makanan yang terbuat dari ketan dan memiliki bentuk yang mirip bagian bawah cangkir. Putu cangkiri biasanya dibuat dengan hanya 2 varian saja, yaitu manis dengan gula merah atau gula putih.

15. Ayam Likku

15.	Ayam Likku

Disebut manu likku dikarenakan potongan-potongan ayam dimasak bersama lengkuas parut. Ayam likku ini mengandalkan rasa gurih dan aroma khas lengkuas, berbeda dengan bebek palekko.

16. Baje Canggoreng

16.	Baje Canggoreng

Berbahan utama kacang tanah serta gula merah, kue ini biasanya bisa kamu temukan di jual di pinggir jalan.

17. Kue Dange

17.	Kue Dange

Rasa yang gurih, manis dan legit karena kombinasi parutan kelapa menampah kenikmatan kue dange ini. Kue ini merupakan jajanan tradisonal khas masyarakat bugis.

18. Kue Baruasa

18.	Kue Baruasa

Baruasa adalah jajanan kering khas masyarakat Sulawesi Selatan. Kombinasi tepung beras, kuning telur, gula aren, mentega, serta kayu manis yang dibentuk bulat. Kemudian di panggang menggunakan oven.

19. Doko-doko Cangkuling

19.	Doko-doko Cangkuling

Kue ini biasanya akan kamu temukan di acara pernikahan adat bugis. Terbuat dari kombinasi tepung beras, kentang, gula merah dan santan. Isiannya berupa parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah.

20. Sokko/Songkolo

20.	Sokko/Songkolo

Songkolo berbahan beras ketan hitam atau putih yang dikukus hingga matang. Kemudian diberi parutan kelapa yang telah dicampur gula merah. Dimakan bersama dengan ikan asin kering dan telur asin.

21. Buroncong

21.	Buroncong

Kue khas masyarakat bugis ini memiliki betuk yang hampir mirip dengan kue pukis. Terbuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, dan parutan kelapa membuat jajanan ini gurih dan nikmat.

22. Jalangkote

22.	Jalangkote

Jalangkote biasanya dijadikan kue yang wajib ada di tiap acara. Baik acara resmi maupun acara biasa. Bentuknya hampir dengan pastel, namun jalangkote meliki kulit yang lebih tipis dan isiannya terdiri dari potongan wortel, tauge, soun yang ditumis.

23. Lapa-Lapa

23.	Lapa-Lapa

Lapa-lapa memiliki rasa yang gurih dan nikmat saat dimakan. Biasanya dimakan bersama ikan asin dan sambel goreng akan lebih nikmat lagi.

24. Bubur Manado

24.	Bubur Manado

Namanyaa mungkin tidak dari daerah bugis, namun kuliner ini sudah sangat digemari oleh banyak masyarakat bugis. Dikarenakan cara membuat yang gampang dan memiliki gizi yang tinggi membuat bubur Manado banyak yang suka.

25. Cucuru

25.	Cucuru

Kue Tradisional berbahan utama tepung beras serta gula merah ini diberi nama Cucuru. Memiliki cita rasa yang manis dan renyah ketika dimakan. Kue ini memiliki bentuk lonjing dan sedikir mengkrucut pada ujungnya.

26. Saraba

26.	Saraba

Selain makanan, masyarakat bugis juga memiliki minuman khas yang bisa kamu coba. Sarabba terdiri dari rempah-rempah jahe, gula merah, kuning telur dan santan. Minuman ini sangat pas dinikmati ketika cuaca dingin karena dapat menghangatkan tubuh.

Inilah 26 kuliner khas bugis yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Kuliner ini juga sudah bisa kamu dapatkan di luar pulau Sulawesi loh. Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk bisa mencoba kuliner khas masyarakat bugis ini.

Give Your Opinion

Related Articles