4 Tips Rahasia Menjadikan Kue Lebaran Lebih Renyah dan Nikmat Loh, Siap di Praktekkan Saat Lebaran

Terkadang kue kering yang kita dibuat sendiri justru mudah mlempem dan tidak renyah lagi. Karena itu 4 tips rahasia ini akan membuat hasil lebih renyah dan nikmat.

MaxNyoos.com – Tak terasa udah hampir mendekati puasa ya, setelah puasa selama sebulan lebih kita akan menyambut lebaran. Dimana saat moment lebaran akan identik dengan masakan-masakan khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, rending, dan tentunya kue kering yang pasti banyak tersedia di rumah-rumah. Dimana, kue kering ini menjadi salah satu makanan ringan yang biasanya dijadikan suguhan di hari raya lebaran Idul Fitri. Biasanya para ibu-ibu rumah tangga akan sibuk membuat kue seminggu sebelum hari lebaran tiba bahkan sebelumnnya. Namun sayangnya, terkadang kue kering yang dibuat sendiri justru mudah mlempem dan tidak renyah lagi.

Lalu apakah ada tips rahasia agar kue kering yang dibuat tidak mlempem dan tetap awet renyah saat dimakan ? Ya, tentu saja. Sebenarnya ada 4 rahasia yang dapat membuat kue kering tetap renyah dan tahan lama serta tidak mlempem. Mari kita simak tips-tips rahasia berikut ini :

  • Selalu Gunakan Bahan Kue dengan Kualitas Baik

Selalu usahakan untuk menggunakan bahan kue yang berkualitas. Yang sangat penting adalah adalah usahakan bahan kue masih baru dan tentunya belum kadaluarsa. Dengan bahan kue yang masih fresh, berkualitas dan tidak tercemar dari benda-benda atau hal lainnya, kue kering yang dihasilkan akan menjadi lebih baik dan mengesankan. Tentunya kue yang dihasilkan juga akan awet renyah dan tahan lama.

  • Gunakanlah Mentega dan Susu Cair Dingin

Tips rahasia berikutnya adalah gunakan mentega dan susu cair yang dingin atau sesuai dengan suhu ruangan. Namun bukan berarti mentega yang masih beku loh ya. Disini maksudnya adalah mentega yang telah dicairkan dan didinginkan atau sesuai sengan suhu ruangan. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, hal ini akan membuat kue kering yang dibuat akan memiliki tekstur lembut dan juga pastinya kering serta renyah sempurna. Dan juga akan lebih tahan lama, tidak akan mudah mlempem dan berbau tengik loh.

Baca Juga Inilah Resep Lembutnya Lapis Legit Khas Kota Pahlawan, Surabaya

  • Pastikan untuk Selalu Menguleni Adonan dengan Pelan dan Benar

Terkadang karena kita sudah tidak sabar saat menguleni adonan, hal ini yang dapat menyebabkan kue yang kita hasilkan tidak sempurna. Karena saat menguleni dengan keras dan cepat, suhu panas pada tangan akan berpindah dan mampu membuat adonan menjadi panas dan karena hal inilah membuat kue akan keras dan a lot. Pastikan bahwa saat menguleni, kita lakukan dengan pelan-pelan dan benar. Tentu saja ketika kita menguleni dengan pelan akan membutuhkan waktu yag lebih lama, namun ini akan setara dengan hasil kue yang akan kita dapatkan. 

  • Saring Lalu Sangrai Tepung

Cobalah untuk menyaring atau mengayak tepung agar tekstur tepung yang kita dapat menjadi sangat lembut dan kuenya pun akan memiliki tekstur yang lebut dan sempurna. Selain itu, usahakan pula untuk sangrai tepung tersebut supaya kekeringan tepung semakin baik dan maksimal. Namun, setelah disangrai usahakan untuk mendinginkannya terlebih dahulu. Jika Anda malas untuk menyangrainya, cobalah untuk menjemurnya dibawah sinar matahari.

Itulah beberapa tips rahasia yang dapat membuat kue kering menjadi renyah dan tahan lama. Selain 4 rahasia di atas, rahasia lainnya adalah cobalah untuk selalu menggunakan gula dan garam halus untuk memberikan rasa kue yang semakin sedap dan nikmat. Pastikan juga untuk menyimpan kue-kue di wadah atau toples yang kedap udara sehingga menjamin kue kering akan renyah dan tahan lama.

Give Your Opinion

Related Articles