5 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh Digunakan Untuk Meredakan Sakit Perut Anak

Anak sakit perut? Jangan buru-buru beri obat pasaran, coba gunakan bahan alami ini untuk meredakan sakit perut.

MaxNyoos.com - Sakit perut merupakan hal yang paling sering terjadi pada Si Kecil. Ada banyak factor yang bisa menyebabkan hal ini, seperti rendahnya imunitas tubuh, atau dari makanan dan minuman yang di konsumsi.

Jika sakit perut masih tergolong ringan, sebaiknya jangan terlalu buru-buru langsung memberinya obat-obatan. Karena itu, penting diketahui ada beberapa bahan alami yang bisa meredakan sakit perut Si Kecil loh, Moms.

Bahan ala,I ini, selain mudah ditemui juga sangat minim risiko dibanding menggunakan obat-obat di pasaran. Inilah beberapa bahan alami yang dapat meredakan sakit perut anak.

1. Teh chamomile

Andrew Weil, M.D., adalah ketua di bidang kedokteran integratif yang menyarankan orangtua untuk memberikan teh jenis ini saat anak sakit perut.

Teh jenis ini ia klasifikasikan kedalam Spontaneous Healing untuk nyeri perut.

Bahan alami dan kandungan anti inflamasinya bisa menenangkan perut dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut.

Selain itu, teh ini dapat melemaskan otot saluran pencernaan bagian atas, dan mengurangi kontraksi yang menggerakkan makanan melalui lambung dan usus kecil.

Hal inilah yang akan meredakan kejang dan kram perut.

2. Air jahe

Didalam jahe terdaoat kandungan gingerol atau antioksidan kuat yang membantu mengurangi produksi radikal bebas pada tubuh.

Kandungan jahe juga bisa mengurangi mual dan ketidaknyamanan. Selain itu, sifat anti-inflamasi jahe juga bisa menetralisir asam lambung.

3. Peppermint

Selain menyegarkan, Teh peppermint juga dapat mengurangi rasa sakit pada perut.

Menurut Dr Sears, peppermint telah terbukti memiliki efek menenangkan pada otot perut.

Selain itu menurut University of Maryland Medical Center, peppermint memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran empedu, yang digunakan tubuh untuk pencernaan.

4. Aplikasikan sesuatu yang hangat

Menurut Robyn Strosaker, M.D., dokter anak di Rainbow Babies & Children's Hospital di Cleveland, menempatkan botol air panas atau bantal pemanas di perut anak saat dia sedang duduk atau berbaring akan mengurangi rasa sakitnya.

Hal ini karena panas bisa meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit yang dapat mengurangi persepsi rasa sakit yang datang dari lebih dalam di perut.

5. Menggosok kakinya

"Ada ribuan saraf di kaki dan tangan saat diterapkan dapat menyebabkan seluruh tubuh rileks dan merasa lebih tenang," kata Laura Norman, seorang praktisi refleksologi dan penulis Feet First: A Guide to Food Reflexology.

Wilayah perut untuk refleksi ini terletak di lengkungan tengah kaki kiri.

Dengan menggunakan teknik refleksologi, pegang dan pijat lembut kaki kiri anak Moms di titik tersebut.

Give Your Opinion

Related Articles