5 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami dari rumah

Cara mengusir nyamuk memang banyak caranya dan gampang-gampang susah. Nyamuk bisa juga disebut sebagai slah satu hewan pengganggu atau pun hama yang seringkali banyak merugikan manusia, karena keberadaannya akan membawa wabah penyakit. Walaupun sudah dibasmi terus menerus, nyamuk akan muncul lagi dan lagi. Hal ini adalah akibat dari nyamuk yang sangat mudah untuk berkembang biak terutama di musim hujan.

Tidak ada hal yang begitu menjengkelkan kecuali denging nyamuk di dekat telinga yang sangat mengganggu, dan biasanya dalam beberapa menit Anda akan mendapat gigitan nyamuk di kulit Anda yang terbuka. Nyamuk sangat suka daerah yang memiliki kelembaban tinggi, dan di banyak bagian dunia nyamuk bertanggung jawab besar terhadap tersebarnya wabah penyakit. Nah berikut ada 5 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengusir nyamuk. Teruskan membaca untuk mempelajari cara menyingkirkan nyamuk dan mencegah mereka datang kembali di rumah anda.

1. Bersihkan Lingkungan Sekitar rumah

1. Bersihkan Lingkungan Sekitar rumah

Kebersihan adalah menjadi kunci utama untuk memberantas dan memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk di sekitar rumah. Meskipun tidak 100 persen hilang, setidaknya sebagian besar nyamuk yang ada akan musnah ataupun menggat dari sekitar rumah. Jangan biarkan saluran pembuangan di sekitar rumah tidak mengalir atau mampet karena bisa menjadi sarang nyamuk, hal ini akan mendukung perkembangbiakan nyamuk dengan sangat cepat.

Jika ada sampah-sampah yang berserakan dimana-mana terutama sampah plastik, segera bersihkan di kubur ataupun  bakar. Karena apabila dibiarkan saja dan ketika hujan tiba, pasti terdapat genangan air di plastik yang bisa mengundang nyamuk untuk datang dan akhirnya berkembang biyak disitu.

Selanjutnya jangan lupa untuk membersihkan seluruh area sekitar rumah baik di dalam atau di luar rumah, secara rutin baik pagi atau sore hari. Perhatikan tempat-tempat yang menjadi favorite bagi nyamuk tinggal seperti contohnya kolong tempat tidur,kolong meja, kolong lemari, tirai dan lainya. Jika anda mempunyai taman di areadalam rumah atau di luar rumah, maka anda wajib merapikannya secara teratur dan berkala, bersihkan daun-daun kering yang berjatuhan, rapikan rumput yang mulai panjang agar tidak menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk. Hal tersebut juga akan mengurangi keberadaan nyamuk di area rumah anda.

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

 2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Selain digunakan sebagai obat oles atau obat luar yang ampuh menyembuhkan bekas gigitan nyamuk atau pun gatal-gatal, minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk membasmi nyamuk. Karena aroma minyak kayu putih memang tidak disukai oleh nyamuk, jadi manfaatkanlah untuk mengusirnya dari dalam rumah.

Cara pembuatannya pun sangatlah mudah, siapkan botol penyemprot yang sudah tidak terpakai, jangan lupa bersihkan dulu atau di cuci. Masukkan air kira-kira setengah botol, agar mudah saat melakukan pengocokan atau pencampuran. Selanjutnya masukkan beberapa tetes minyak kayu putih sampai baunya tercium. Jangan lupa lakukan pencampuran atau pengocokan agar cairan tercampur secara merata di dalam botol. Nah sekarang siap untuk digunakan untuk mengusir nyamuk, anda cukup melakukan penyemprotan di seluruh area sudut  dalam rumah anda. Dijamin nyamuk akan kabur semua karena bau minyak kayu puith.

3. Menggunakan Daun Serai

3. Menggunakan Daun Serai

Daun serai yang biasanya digunakan untuk bumbu masak, kini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk di dalam rumah. Pembuatannya pun sangat mudah, anda hanya perlu menghaluskan serai dengan blender atau alat penghalus lain dan tambahkan sedikit air. Kemudia anda bisa menyaringnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam botol semprot yang tidak terpakai. Selanjutnya anda bisa melakukan penyemprotan di seluruh area dalam rumah anda.

Baca Juga Ditemukan Hewan Mirip Cacing Yang Hinggap Di Kapal Nelayan, Penasaran ?

4. Menggunakan Buah Lemon

4. Menggunakan Buah Lemon

Lemon merupakan zat yang terkenal sebagai antiseptic alami dan tidak disukai oleh serangga termasuk nyamuk. Anda bisa memanfaatkan lemon untuk membuat bahan untuk pengusir nyamuk dari rumah anda. Peraslah atau parut lemon beberapa buah, kemudian masukkan perasan tersebut ke botol penyemprot. Tambahkan air secukupnya dan jangan lupa lakukan pengocokan agar cairan merata. Proses terakhir anda bisa menyemprotkannya di seluaruh area dalam rumah anda.

5. Menggunakan Kulit Jeruk

5. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk memang salah satu bahan dasar campuran untuk obat nyamuk baik bakar, semprot ataupun juga lotion. Anda bisa membuat atau meraciknyanya sendiri dengan bahan-bahan alami di rumah. Dengan cara keringkan terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari. Jika sudah kering anda bisa menggunakannya dengan cara meletakkan di berbagai sudut rumah anda. Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, kulit jeruk kering ini juga dapat menghasilkan aroma yang segar dari kulit jeruk yang di keringkan.

Give Your Opinion

Related Articles