5 Jajanan Lezat ‘Berdarah’ Belanda Ini, Bikin Lidah Susah Move On

Tak disangka kudapan yang rasanya Indonesia banget, ternyata merupakan adaptasi dari negeri kincir angin.

MaxNyoos.com - Mengudap aneka jenis camilan ditemani secangkir kopi atau teh sudah menjadi kebiasaan sebagian orang Indonesia di pagi serta sore hari. Rasanya kurang mantap mengawali atau mengakhiri aktivitas harian tanpa ‘ritual’ tersebut. Di antara banyaknya jenis camilan, pasti ada yang jadi favoritmu, ya.

Penah berpikir bahwa jajanan yang rasanya Indonesia banget ternyata bukan menu asli nusantara? Saking familier dengan kudapan tersebut, membuat kita menyangka bahwa kue atau jajanan itu memang asli Indonesia. Apa saja ya jajanan lezat Indonesia banget yang merupakan adaptasi dari menu-menu Belanda? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kue Cubit

1.	Kue Cubit Sumber gambar: blog.kulina.id

Buat kamu yang hobi mengudap makanan manis, tentu pernah mencicipi kue lembut yang satu ini. Siapa sangka, penganan yang terbuat dari terigu, telur, soda kue, baking powder, gula pasir, serta vanili ini berasal dari negeri kincir angin.

Kue cubit semakin populer berkat inovasi pada toppingnya. Kalau dulu kamu hanya dapat menikmati kue topping keju atau cokelat, kini kue cubit hadir dalam balutan topping lebih beragam. Di antaranya, cokelat green tea, biskuit cokelat, almond, cokelat putih, sampai marsmallow. Kue ini disinyalir merupakan adaptasi dari poffertjes yang juga terkenal sebagai jajanan di Belanda. Poffertjes banyak dijumpai khususnya ketika musim panas.

2. Dadar Gulung

2.	Dadar Gulung Sumber gambar: republika.co.id (15/05/2015)

Kue basah yang pembuatannya dengan cara digulung ini pun, termasuk jajanan pasar yang cukup terkenal dan digandrungi banyak orang. Umumnya dadar gulung berwarna hijau, beraroma pandan, dengan isian kelapa parut yang dicampur gula merah. Dadar gulung juga kudapan yang memperoleh pengaruh negeri bunga tulip, lho.  

3. Kroket

3.	Kroket Sumber gambar: dapurkobe.co.id

Kroket di Indonesia adalah penganan berupa kentang tumbuk, kemudian diisi dengan ragout atau campuran potongan sayur kecil-kecil ditambah daging. Kroket juga kuliner yang diadaptasi dari negara Belanda. Kroket kebanyakan berbentuk lonjong. Sebelum masuk wajan berisi minyak panas, kroket dilapisi dulu dengan telur kocok, digulingkan ke tepung panir, barulah digoreng. Krispi dan yummy banget!

4. Klappertaart

4.	Klappertaart Sumber gambar: en.wikipedia.org

Kue kelapa atau klappertaart kini populer sebagai makanan khas daerah Manado, Sulawesi Utara. Kudapan lezat yang bahan pembuatannya dari terigu, kelapa muda, telur, santan dan susu ini cocok sekali buat menemani kamu bersantai.

5. Lidah Kucing

5.	Lidah Kucing Sumber gambar: kulinersehat.com

Terakhir yaitu lidah kucing atau katte tong. Tak hanya pada hari raya saja, camilan kue kering ini pun ramai penggemar saat hari-hari biasa. Apalagi sekarang lidah kucing tampil dengan ‘baju baru’. Ada yang namanya lidah kucing rainbow. Kue kering warna-warni mirip pelangi, tipis, lonjong, dan kriuk. Tak bakal puas hanya mencicipi satu atau dua kue, deh.

Wow, rupanya banyak juga kuliner Indonesia adaptasi dari Belanda yang jadi primadona, ya. Dari kelima jajanan tersebut, kamu paling suka yang mana, nih?

Give Your Opinion

Related Articles