5 Pilihan Bahan Makanan Sehat Untuk Menu Berbuka Puasa Saat Ramadhan

Bahan makanan merupakan bahan dasar untuk membuat makanan yang akan kita santap hari-hari namun berbeda dengan saat berpuasa tentunya tubuh kita harus tercukupi kebutuhannya mulai dari serat dan vitamin agar tidak mudah sakit, nah Berikut ini adalah artikel mengenai bahan-bahan makanan yang sehat untuk berbuka puasa seharian penuh .

1.Beras Merah

1.Beras Merah

Untuk para penjaga berat badan  yang tidak ingin mengalami kenaikan berat badan secara pesat saat puasa, cobalah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Salah satunya iyalah adalah beras merah. Di dalam kandungan beras merah memiliki serat yang tinggi dan rendah gula,oleh karena itu akan memberi rasa kenyang yang lebih lama kepada tubuh dan kadar gula dalam tubuh juga akan terkontrol bilamana mengkonsumsi beras merah dengan sesuai prosedur atau tidak berlebihan.

2.Sayuran Hijau

2.Sayuran Hijau

Selain serat dan vitamin yang terkandung di dalam sayuran hijau yang  sangat dibutuhkan oleh tubuh ,makanan yang berasal dari sayuran hijau ini juga sangat mudah untuk dicerna sehingga sistem pencernaan pada tubuh tidak bekerja terlalu keras setelah seharian berpuasa atau tidak mengonsumsi apapun.

3.Buah-Buahan

3.Buah-Buahan

Selain sayuran,buah-buahan juga mampu untuk mencukupi vitamin dan serat di dalam tubuh setelah seharian penuh berpuasa, anda juga harus mengonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa. Mengapa demikian? Karena vitamin yang terdapat dalam buah dapat membantu menyegarkan tubuh sebelum mengkonsumsi makanan lainnya ataupun makanan yang tergolong berat seperti nasi contohnya.

Baca Juga 4 Tips Rahasia Menjadikan Kue Lebaran Lebih Renyah dan Nikmat Loh, Siap di Praktekkan Saat Lebaran

4.Oat

4.Oat

Jika  sedang menghindari nasi putih dan beras merah saat berpuasa ataupun dalam kondisi tidak berpuasa di bulan-bulan lain selaian bulan ramadhan, cobalah mengganti menu makanan berbuka puasa anda dengan oat dan potongan buah-buahan. Anda tidak perlu khawatir kekurangantenaga meski hanya berbuka puasa dengan semangkuk oat dan potongan buah-buahan.Oat memiliki kandungan serat yang tinggi hampir sama dengan nasi dan juga sangat mudah dicerna oleh tubuh yang seharian penuh berpuasa.

5.Kacang-Kacangan

5.Kacang-Kacangan

Dalam berbuka puasa anda bisa mencoba menu kacang-kacangan yang merupakan menu berbuka dengan kandungan protein yang  tinggi, jadi sangatlah dianjurkan memilih menu makanan yang berasal dari kacang-kacangan  ini ketika berbuka puasa seharian penuh.

Usahakan memilih menu yang sehat dan enak untuk berbuka puasa. Jadi kamu tidak hanya memanjakan lidah, namun juga memanjakan tubuh agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. 

Give Your Opinion

Related Articles