5 Tips Nikah Hemat Dengan Budget Minimal Namun Tetap Berkesan!

Tips nikah hemat dengan budget minimal tapi tetap berkesan, membuat pesta pernikahanmu lebih bermakna tanpa menghabiskan banyak uang.

MaxNyoos.com - Pernikahan merupakan momen yang paling dinanti-nantikan setiap pasangan. Sehingga wajar jika banyak pasangan ingin mengadakan pesta pernikahan yang terkesan lebih “wah” dan berbeda. Terlebih lagi setiap pasangan berharap pernikahan terjadi sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, mereka harus mengumpulkan budget yang cukup terlebih dulu untuk menikah. Namun sebenarnya pesta pernikahan tak harus selalu mewah dan terkesan “wah”, apalagi untuk kamu yang memiliki anggaran pas-pasan. Karena itu kamu perlu tahu tips nikah hemat untuk meminimalkan biaya pernikahan. 

Tips Nikah Hemat Dengan Budget Minimal

Jika kamu terus menunda pernikahanmu, maka sampai kapan harus menunggu sampai budget yang dikumpulkan sudah cukup menurutmu?  Pesta pernikahan memang membutuhkan biaya yang besar, namun sebenarnya kamu masih bisa kok meminimalisir biaya pernikahanmu tanpa harus menunda rencana pernikahanmu! Ada beberapa tips nikah hemat yang bisa kamu coba berikut ini agar kamu tetap bisa melaksanakan pesta pernikahan yang berkesan!

1. Garden Party

1.	Garden Party

Pesta pernikahan indoor di dalam gedung, memang hal yang biasa namun terkesan lebih mewah. Hanya saja untuk melangsungkan pesta pernikahan di dalam gedung, kamu memerlukan budget yang lebih besar untuk menyewa gedung pernikahan itu sendiri. Untuk itu, tak ada salahnya memakai solusi lain dengan melangsungkan pernikahan di taman atau halaman rumah yang cukup untuk menampung para tamu undangan. Kamu bisa memanfaatkan halaman milik kerabat, atau keluargamu. Selain budget yang dibutuhkan lebih irit, melangsungkan pernikahan outdoor juga  bisa memberikan kesan yang unik.

2. Kesampingkan Tradisi Pernikahan

2.	Kesampingkan Tradisi Pernikahan

Seperti kita ketahui, di Indonesia sendiri pernikahan yang terjadi setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda. Namun, pernah berpikir nggak sih jika melangsungkan pernikahan sesuai budaya daerah asal justru bisa menghabiskan banyak biaya, waktu, maupun tempat, bahkan sebelum melangsungkan akad pernikahan? Sebab umumnya persiapan menjelang pernikahan yang biasanya wajib dilakukan pasangan pengantin tersebut termasuk bagian dari tradisi. Jika kamu memang tak begitu menjunjung tinggi adat istiadat atau tradisi dalam pernikahan, tak ada salahnya mencoret tradisi tersebut di dalam daftar pernikahanmu. Tips nikah hemat ini ampuh untuk meminimalisir budget yang kamu keluarkan untuk melangsungkan pernikahan.

Baca Juga Contek 5 Gaya Kebaya Dian Sastro, Buat Penampilanmu Bak Putri Raja

3. Pilih Cara Kreatif Untuk Pangkas Pengeluaran

3.	Pilih Cara Kreatif Untuk Pangkas Pengeluaran

Karena pernikahanhanya berlangsung satu hari, tentu saja kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya demi membuat pesta pernikahanmu lebih mewah dan tak terlupakan. Hal terpenting justru bukan dari seberapa mewahnya pesta pernikahan yang kamu buat, tapi seberapa berkesannya pesta pernikahan itu sendiri bagi para tamu undangan. Selain itu, daripada memakai jasa fotografer, alangkah baiknya menyediakan space untuk melakukan photo booth  sehingga bersifat lebih personal.

4. Pakai Cincin Daur Ulang

4.	Pakai Cincin Daur Ulang

Tips nikah hemat yang paling simpel berikutnya yaitu dengan membuat cincin pernikahan yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Kamu bisa meminta bantuan keluarga dekat atau rekan untuk menyumbangkan perhiasan lama atau yang sudah tak terpakai. Selanjutnya kamu bisa menyulapnya menjadi sebuah cincin pernikahan unik dan baru.

Baca Juga Tampil Cantik dan Elegan Dengan Menggunakan 6 Model Kebaya Modern Ini

5. Manfaatkan Teknologi Digital

5.	Manfaatkan Teknologi Digital

Untuk menghemat anggaran pernikahan, kamu bisa membuat undangan secara online, dengan memanfaatkan software Coreldraw misalnya. Kamu juga bisa meminta bantuan internet untuk menciptkan desain undangan pernikahan. Dimana kamu bisa mencari gambar-gambar unik di internet sebagai inspirasi membuat undangan. Selama pesta pernikahan, kamu juga bisa menggunakan teknologi digital agar tetap memberikan kesan tak terlupakan dan meriah dengan pemutaran lagu-lagu lewat laptop atau iPodmu. Jadi tak perlu lagi memakai jasa band untuk mengisi hiburan dalam pesta pernikahanmu.

Itulah beberapa tips nikah hemat yang bisa kamu lakukan untuk menekan anggaran yang kamu keluarkan. Meskipun begitu, melakukan cara-cara di atas tetap membuat pernikahanmu tetap berkesan!

Give Your Opinion

Related Articles