7 Alasan Mengapa Vaginamu Sakit

Rasa sakit, dalam bentuk apapun, adalah indikasi ada yang salah pada tubuhmu . Berikut adalah 7 kemungkinan alasan mengapa vaginamu sakit dan bagaimana cara meringankan rasa sakitnya.

1. Endometriosis

Maxnyoos.com - Endometriosis adalah kondisi yang menyakitkan dimana jaringan biasanya ditemukan di dalam rahim , jaringan mulai tumbuh di luar rahim  yang disebut implan endometrium. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang parah, terutama selama menstruasi .

Endometriosis melibatkan ovarium, lapisan panggul atau perut . Selalu kunjungi dokter jika kamu mengalami sakit parah saat menstruasi karena bisa jadi itu karena Endometriosis.

2. Interstitial Cystitis

Karena anatomi wanita sangat halus dan erat, vagina  mungkin sakit karena faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan area tertentu. Dalam hal ini, Interstitial Cystitis menjadi hal yang nyata. Ini adalah sindrom kandung kemih yang menyakitkan yang melibatkan tekanan kandung kemih, dan kadang nyeri panggul, mulai dari rasa tidak nyaman yang ringan hingga rasa sakit yang parah. Tes urin perlu dilakukan untuk menghilangkan masalah kandung kemih lainnya.

3. Pelvic Ffloor Tension Myalgia

Gejala penyakit ini  meliputi rasa terbakar, gatal, nyeri di vagina dan berat di daerah pelvis . Hal ini  dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk persalinan dan masalah emosional yang menyebabkan ketegangan pada otot dasar panggul . Sebagai solusi jangka pendek, botox bisa digunakan untuk meredakan beberapa ketegangan.

4. Vulvodynia

Bayangkan memiliki nyeri vagina tanpa diketahui penyebabnya. Inilah  Vulvodynia.  Vulvodynia dapat mempengaruhi wanita dari segala umur, ras dan ukuran. Ada spekulasi bahwa infeksi jamur sebelumnya dapat membuat  lebih rentan terhadap pengembangan Vulvodynia atau kerusakan saraf.

Baca Juga

Ladies, Ayo Lindungi Diri Dari Kanker Payudara Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini


5.Inkompetensi pembuluh darah pelvis

Inkompetensi pembuluh darah pelvis  adalah kondisi kronis dan menyakitkan dimana varises di panggulmu menjadi lemah dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dapat menyebabkan tekanan yang  menyakitkan di panggulmu. Konsultasikan dengan praktisi kesehatan  jika kamu mengalami rasa sakit di panggulmu .

6. Kekeringan vagina

Selama masa-masa tertentu dalam hidup , tubuh  akan mengalami perubahan. Seringkali, kekeringan vagina akan terjadi selama perubahan terbesar kehidupan seorang wanita, menopause. Itu bukan satu-satunya alasannya. Melahirkan dan menyusui, kemoterapi, pengangkatan indung telur dan obat anti-estrogen juga bisa menyebabkan kekeringan vagina yang menyakitkan.

7. Infeksi kandung kemih

Jika pernah mengalami infeksi kandung kemih, kamu akan tahu rasa sakit dan ketidaknyamanan yang menyertainya. Kamu  akan mengalami sensasi terbakar saat kencing. Ada pengobatan yang dapat dilakukan  di rumah untuk dicoba dengan harapan bisa menghilangkan kondisi yang menjengkelkan ini. Namun, jangan ragu untuk mengunjungi dokter  karena infeksi kandung kemih dapat dengan mudah beralih ke infeksi ginjal , yang jauh lebih menyakitkan.

Give Your Opinion

Related Articles