7 Kuliner Legendaris Khas Kota Solo, Bikin Kangen !!

Belum ke Solo kalau belum pernah nyobain kuliner legendaris favoritnya.

Maxnyoos.com - Setiap daerah di Indonesia pasti kaya akan budaya, alam dan kulinernya yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Tak terkecuali kota Solo, kota yang masih kental dengan adat dan kebudayaan ini ternyata memiliki banyak sekali kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan.

Ada beberapa kuliner legendaris yang sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu amat sangat rugi untuk dilewatkan.

1. Selat Solo

1. Selat Solo

Selat Solo adalah kuliner Legendaris yang terbuat dari daging, buncis, wortel, kentang yang diguyur dengan kuah semur. Menurut sejarah, Selat Solo ini sebnarnya berasal dari kata salad namun karena lidah orang jawa jadi diubahlah jadi Selat.

2. Serabi Notosuman

2. Serabi Notosuman

Serabi adalah pancake nya orang Indonesia yang teksturnya kenyal dan lembut dan rasanya yang legit. Serabi yang terkenal di Kota Solo adalah serabi Notosuman, mengapa dinamakan Notosuman ? karena menurut sejarah serabi ini terkenal di daerah Notosuman.

3. Sate Buntel

3. Sate Buntel

Mengapa dinamakan sate buntel ? karena daging kambing yang sudah di cincang kemudian di bungkus, di Solo bungkus berarti buntal. Itu sebabnya sate ini dinamakan sate buntel.

4. Nasi Liwet

4. Nasi Liwet

Sekilas mungkin nasi liwet disetiap daerah di Indonesia pasti ada, namun nasi liwet khas solo ini berbeda dengan lainnya, pasalnya nasi ini terdiri dari nasi gurih, sayuran jupang, daging ayam, telur, opor, dan santan yang kemudian disajikan di atas daun pisang.

5. Timlo Solo

5. Timlo Solo

Mungkin beberapa orang sedikit asing dengan kuliner legendaris yang satu ini. Timlo Solo adalah jenis kuliner legendaris yang terdiri dari daging ayam, ati ampela ayam, dan sosis solo yang kemudian diberi kuah penuh rempah.

6. Tahu Kupat

6. Tahu Kupat

Kuliner legendaris yang satu ini, di daerah daerah lain akan di temui saat lebaran saja, namun di SOlo sudah menjadi Kuliner khas yang wajib dicicipi saat adatang ke kota Solo. Kuliner legendaris ini terdiri dari ketupat, mie basah, tahu goreng, bakwan goreng, kecambah kemudian di siram dengan bumbu kacang dan ditaburi kacang goreng, dan bawang goreng.

7. Bakso Solo

7. Bakso Solo

Selain Malang, Solo juga terkenal dnegan kota bakso. Dimana disetiap sudut kota bahkan dipinggir pinggir jalan pasti dipenuhi oleh tukang bakso. Sebenarnya tidak ada yang berbeda secara signifikan antara bakso solo dengan bakso bakso lainnya, hanya saja bakso solo memiliki rasa gurih yang berbeda.

Give Your Opinion

Related Articles