8 Fungsi Rahasia Android 90% Orang Tidak Mengetahuinya

Ternyata android memiliki fungsi rahasia loh, dan enggak semua fitur android yang dimilikinya dimanfaatkan atau digunakan oleh sebagian besar penggunanya, padahal fitur ini sangat berguna banget, mau tahu fitur-fitur apa saja itu?

Smartphone android, zaman sekarang hampir semua orang menggunakan smartphone, ya walaupun mungkin ada beberapa diantara kalian hanya pernah tahu atau pernah meminjam punya teman atau saudara kalian.

Dan jika kalian sadar, tidak semua fungsi dari smartphone yang telah di sediakan kalian dapat manfaatkan karena alasan tidak tahu. Padahal jika kalian mencari tahu pasti banyak sekali fungsi-fungsi yang sangat berguna yang belum pernah kalian ketahui sebelumnya.

Nah buat sahabat MaxNyoos yang belum tahu tentang hal tersebut, berikut 8 fungsi rahasia android yang bisa MaxNyoos berikan, karena pada dasarnya teknologi smartphone dibuat bukan hanya untuk memudahkan urusan komunikasi atau sebatas foto-foto saja, tapi juga punya fungsi canggih yang bermanfaat lainnya.

1. Cara Mudah Untuk Menghemat Daya Baterai Smartphone

1. Cara Mudah Untuk Menghemat Daya Baterai Smartphone

Ngomongin soal daya baterai, smartphone memang bisa dibilang cukup boros, karena banyaknya aplikasi yang aktif pada smartphone. Apalagi kalau sahabat MaxNyoos adalah orang yang aktif di sosial media. Dan akibatnya kalian pun membutuhkan daya tambahan seperti powerbank.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada sebuah trik yang bisa membuat baterai smartphone sahabat MaxNyoos jadi lebih hemat. Caranya adalah dengan mengganti dan memilih wallpaper atau lockscreen yang tepat. Dengan memilih gambar wallpaper atau lockscreen yang hitam atau cenderung dengan warna-warna yang gelap akan ampuh untuk menghemat baterai smartphone sahabat MaxNyoos.

Mengapa demikian ?, karena android mempunyai fitur automatic pixel highlighting, fitur tersebutlah yang mengatur supply cahaya dalam smartphone. Dengan menggunakan wallpaper hitam atau cenderung gelap, fitur automatic pixel highlighting akan mati secara automatis dan akan langsung mengurangi beban daya baterai smartphone kalian.

Namun perlu diketahui juga, mungkin fitur ini masih belum tersedia untuk semua jenis smartphone yang sahabat MaxNyoos pakai, tapi beberapa smartphone seperti merk samsung sudah menggunakannya di hampir semua smartphone dan tablet produksi mereka.

2. Text to Speech

2. Text to Speech

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui fitur Text to Speech yang ada pada smartphone kalian, tapi MaxNyoos yakin sebagian besar sahabat MaxNyoos masih belum memanfaatkan fitur tersebut secara maksimal.

Untuk kalian yang belum tahu apa itu fitur Text to Speech, berikut ulasan yang bisa MaxNyoos jabarkan. Fitur Text to Speech adalah sebuah fitur yang bisa membacakan sebuah berita atau informasi. Jadi intinya jika kalian lagi sibuk dengan hal lain atau lagi nyetir dan nggak sempat buat nge-cek smartphone kalian buat baca artikel, berita atau informasi, kalian bisa mengaktifkan fitur ini, dengan begitu smartphone android kalian akan membacakan informasi yang lagi kalian liat.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian bisa ikuti langkah ini , masuk ke Setting >> Accessibility >> turn on Text-to-Speech.

3. Smartphone Remote Control

3. Smartphone Remote Control

Mendengar kata remote control pasti kalian berpikir bahwa smartphone bisa menggantikan remote control tv atau remote ac atau remote electronic lainnya, eits tapi jangan salah gengs, meskipun beberapa dari smartphone android memang bisa difungsikan sebagia remote control tv atau remote ac atau untuk remote electronic yang lainnya, tapi yang dimaksud remote control di sini ialah fitur dari smartphone yang mampu menjaga data sabahat MaxNyoos supaya lebih aman nih gengs, walaupun disaat ponsel kalian hilang.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian bisa mengaturnya di Setting >> Security >> Device Administrators >> lalu ceklis Remotely locate this device >> selanjutnya, Allow remote lock and erase. Fitur ini nantinya akan memblock semua data jika sewaktu-waktu smartphone kalian hilang.

Baca Juga Youtube Tidak Akan Memberikan Bayaran Lagi Kepada Para Youtuber Sebelum Mereka Mencapai 10.000 Penayangan

4. Mengaktifkan Mode Tamu (Guest Mode)

4. Mengaktifkan Mode Tamu (Guest Mode)

Sebagian besar mungkin dari sahabat MaxNyoos masih belum tahu tentang fitur yang satu ini. Fitur ini berfungsi jika kalian meminjamkan smartphone kalian ke teman kalian atau orang lain, jaminan data kalian akan tetap terjaga kerahasiaannya. Apalagi buat kalian yang suka menyimpan file-file "aneh" atau bersifat rahasia.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian bisa menyentuh layar Android kalian dari atas lalu tap ikon user di bagian kanan atas. setelah itu kalian bebas mengatur apa-apa saja yang bisa dilakukan ‘guest’ (orang lain). Tetapi perlu kalian ketahui nih, lagi-lagi fitur ini masih belum tersedia di semua perangkat android.

5. Screen Magnifier

5. Screen Magnifier

Bukannya hanya windows saja yang memiliki fitur screen magnifier, smartphone kalian juga memiliki fitur tersebut, fitur ini berfungsi untuk memperbesar tampilan layar kalian, jika kalian memiliki smartphone android dengan ukuran layar yang kecil pastinya sedikit kesulitan untuk membaca text atau informasi yang ada pada smartphone kalian, nah dengan menggunakan fitur ini, kalian dapat memperbesar ukuran text agar lebih nyaman untuk di baca.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian bisa masuk ke Setting >> Accessibility >> Magnification Gestures. Setelah itu kalian bisa memperbesar bagian layar manapun hanya dengan satu sentuhan.

6. Hotspot Mode

6. Hotspot Mode

Sekarang sahabat MaxNyoos enggak perlu lagi jauh-jauh untuk bisa Wi-Fi an, kalian juga enggak perlu susah-susah buat beli modem untuk keperluan internetan di table atau PC, karena smartphone android kalian mempunyai fitur hotspot mode, fitur ini berfungsi untuk membagikan koneksi internet untuk perangkat lain seperti tablet atau PC. Bahkan bisa di pakai rame-rame, jadi lebih praktis dan hemat biaya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian masuk pada Settings, kemudian pilih Tethering and Portable Hotspot kemudian nyalakan.

Jangan lupa nih gengs untuk mengatur kata sandi, supaya bisa mengatasi orang lain yang tidak kalian ingikan memakai kuota data kalian.

7. Kontrol Smartphone dengan Gerakan Kepala (Head Movements)

7. Kontrol Smartphone dengan Gerakan Kepala (Head Movements)

Mengontrol Smartphone dengan gerakan kepala? yaps bener sekali gengs, buat sahabat MaxNyoos yang mungkin dalam keadaan tangan penuh barang atau lagi membawa benda lain tapi kalian harus mengangkat telepon dari orang lain atau mungkin ingin menelepon orang lain, fitur ini sangat membantu sekali buat kalian-kalian nih, karena fitur Head Movements bisa menjawab atau mengontrol smartphone kalian hanya dengan gerakan kepala.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian bisa mendownload aplikasi EVA Facial Mouse, kemudian install di smartphone kalian, setelah terpasang, kalian bisa mengontrol seluruh kegiatan di Android hanya dengan menggunakan gerakan kepala. Mantapkan gengs.

8. Game Rahasia

8. Game Rahasia

Sejak android dengan versi 2.3 (Ginger Bread), ternyata pihak android secara diam-diam menyematkan sebuah game unik dibalik sistem operasi mereka nih gengs, pasti diantara kalian masih banyak yang belum tahu fitur yang satu ini.

Cara menemukan game ini sangat mudah gengs, kamu cukup masuk ke Setting kemudian pilih menu About Phone, lalu sentuh pada bagian versi Android secara berkali-kali hingga muncul gambar versi dari android kalian dan kalian bisa menemukan dan memainkan game rahasia dari android tersebut.

Oh ya gengs setiap seri atau seri dari sistem operasi android memiliki game yang berbeda-beda. Untuk versi yang android Lollipop, gamenya mirip dengan Flappy Bird.

Itulah 8 Fungsi Rahasia Android 90% Orang Tidak Mengetahuinya, semoga bermanfaat bagi sahabat MaxNyoos, mungkin dari kalian menemukan hal-hal atau fungsi-fungsi baru bisa kalian bagikan dikolom komentar. Terimakasih.

Give Your Opinion

Related Articles