Buah Ciplukan Yang Mahal Memiliki Sejuta Manfaat

Siapa yang tak kenal dengan buah ini atau tanaman ini yang sering tumbuh liar di sawah ataupun kebun, siapa sangka sekarang menjadi mahal harganya karena khsiat yang terkandung di dalamnya.

MaxNyoos.com - Ciplukan yah siapa yang tek kenal dengan tanaman satu ini ,mungkin hanya berbeda nama di setiap daerah di Indonesia ,tanaman yang dulunya di remehkan dan di anggap sebagai tanaman pengganggu yang ada di sawah atau kebun, tanaman yang memiliki nama latin physallisa ahgulata L  kini sedang naik daun dan semakin mahal harganya di karenakan semakain dikenal berkat khasiat dan manfaat yang terkandung di dalam buah ciplukan ini.Beberapa penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa didalam buah mungil satu ini memiliki banyak kandungan yang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya adalah Saponin,  Flavonoid pada daun dan tunasnya.  Polifenol,Asam palmitat dan StearatElaidic acid pada bijinya. Alkaloidpada akarnya. Withangulatin AChlorogenik acid, C27H44O-H2O pada batang dan daunnya. Tannin, KriptoxantinVitamin C dan Gula tanin,danFisalin pada buahnya.

Kini sudah jelas jika tanaman ciplukan memiliki sejuta manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Dan sudah jelas juga bahwa tanaman ini memang pantas di hargai mahal dari apa yangdi kandung di dalam buah ciplukan itu sendiri, mulai dari akar sampai daun dan buahnya memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi tubuh.

Nah berikut ini manfaatdan khasiat tanaman ciplukan secara lebih jelas dan cara pengolahannya :

  • Mampu Menyembuhkan Penyakit Jantung

Salah satu dari manfaatdan khsiat tanaman cipkukan dapat mengobati gangguan jantung. Berikut inicara-caranya dengan mengambil 40 helai daun ciplukan dan dihancurkan dengan ditumbuk atau di blender seperti jus, lalu minum tanpa campuran apa pun. Selain di buat jus lalu di minum, daun tanaman ciplukan bisa langsung di makan setelah dicuci bersih ,dijadikan lalapan ataupun salad.

  • Mampu Mengobati Asma

Mengolah tanaman ciplukan menjadi obat asma sangatlah mudah cukup ambil daun dan batang dari tanaman ciplukan lalau rebus dan minumair rebusan dari tanaman ciplukan tersebut. Atau ambil daunnya lalu campurkan dengan kapur sirih lalu hancurkan dengan menggunakan dua telapak tangan. Lalu basuhkan dengan air secukupnya. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan hingga air berwarna hijau keputih-putihan sera ada buihnya. Lalu oleskan pada bagian dada,punggung, dan perut.

  • Mampu Mengobati Kurap

Penyakit kurap memangsangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman dan juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobati penyakit kurap cukup hancurkan daun tanaman ciplukan dan oleskan atau balurkan pada bagian kulityang terkena penyakit kurap.

  • Mampu Menurunkan Demam

Bukan hanya daunnya dan batangnya, buah ciplukan juga bisa langsung dikonsumsi setelah di cuci bersih,untuk menurunkan demam ataupun panas terutama pada anak-anak.

  • Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah ciplukan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi secara berkala. Dengan cara meminum air rebusan dari daun, buah dan akar tanaman ciplukan selama tiga minggu berturut-turut.

  • Mampu Membersihkan Kencing Kotor

Dengan cukup meminum air rebusan dari akar sampai pucuk buah tanaman ciplukan. Mamapu membersihkan kenci kotor saat buang air.

  • Mampu Mengonati Kanker Payudara

Penyakit kanker salah satu penyakit yang sangat mengerikan di era sekarang, salah satunya kanker payudara yang banyak menyerang wanita tetapi dengan tanaman ciplukan kanker payudara bisa di sembuhkan dengan cara pucuk tanaman ciplukan muda di campur dengan empat biji beras dan tunas kunyit. Lalu digiling atau di tumbuk sampai halus. Selanjutnya langsung saja di tempelkan pada payudara.

  • Mampu Menghilangkan Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Ternyata buah ciplukan juga mamapu menghilangkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir , dengan cara ciplukan di jemur sampai kering kemudian di campurkan pada saat memandikanbayi yang baru lahir.

  • Mampu Menyadarkan Orang Pingsan

Tanaman ciplukan juga mampu menyadarkan orang pingsan, dengan cara ambil akarnya dan lalu di bakar.Kemudian abu dari proses pembakaran dicampur dengan kapur sirih. Lalu setelah itu campurkan dengan minyak kelapa secukupnya dan oleskan pada bagian kepala orang yang sedang pingsan.

  • Mampu Mengobati Stroke

Tanaman ciplukan juga mampu dan berkhasiat mengobati penyakit stroke, dengan cara meminum dan memakan bagian-bagian dari tanaman ciplukan secara rutin dan berkala.

  • Mampu Menambah Kecerdasan

Buah ciplukan ternyata juga berkhasiat menambah atau meningkatkan kecerdasan anak, dengan cara campurkan buah ciplukan setelah di cuci bersih dengan jeruk nipis dan sedikit gula kemudian langsung saja di konsumsi.

  • Mampu Mengobati Kencing Manis

Tanaman ciplukan juga mampu dan berkhasiat mengobati penyakit kencing manis, salah satu penyakit yang paling di takuti. Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus batang dan akar dari tanaman buah ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari secara rutin.

  • Mampu Menghilangkan Sakit Persendian

Penyakit persendian memang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, bila tidak kunjung sembuh, nah ternyata tanaman ciplukan mampu dan berkhasiat menghilangkan sakit di persendian,caranya cukup mudah dengan cara campurkan daun dengan kapur sirih lalu kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

  • Mampu Menurunkan Kolesterol

Tanaman ciplukan ternyata juga mampu dan berkhasiat menurunkan kolesterol. Caranya sangat mudah makan daun buah ciplukan setelah di cuci bersih dua helai daun tiga kali sehari secara rutin.

  • Mampu Menjadi Penambah Darah

Tanaman ciplukan juga mamapu dan berkhasiat untuk mengobati kekurangan darah atau anemia. Caranya dengan merebus batang tanaman ciplukan, kemudian minum air rebusannya secara teratur.

Give Your Opinion

Related Articles