Cara Membuat Kue Agar Tidak Bantat Dan Berhasil Dengan Sempurna

Kamu tentunya tidak ingin mendapatkan kue dengan hasil yang bantat dan mengcewakan karena menggunakan cara yang salah bukan? Karena itu simak 7 tips agar kue tidak bantat dan menjadi sempurna.
7 tips agar kue tidak bantat dan menjadi sempurna

MaxNyoos.com – Hal yang perlu diperhatikan ketika memasak kue adalah tekniknya. Jika teknik yang digunakan tepat makan akan menghasilkan kue yang mengembang dengan sempurna. Kamu tentunya tidak ingin mendapatkan hasil yang mengecewakan karena menggunakan cara yang salah bukan? Karena itu simak 7 tips agar kue tidak bantat dan menjadi sempurna.

1. Gunakan bahan bersuhu ruang

Agar adonan yang kamu buat dapat mengembang dengan sempurna, sebaiknya bahan-bahannya bersuhu ruangan. Misalkan telur, karena telur dapat mengembang dengan sempurna jika berada disuhu ruangan. Begitupun dengan margarin yang dilelehkan, jangan langsung dimasukkan ke dalam adonan.

2. Jangan salah menggunakan wadah

Selalu pastikan wadah yang kamu gunakan benar-benar kering dari air, minyak ataupun mentega. Karena wadah yang basah dapat menyebabkan kue jadi bantat.

3. Proses melelehkan mentega

Selalu gunakan api kecil jika ingin melelehkan mentega, dan tak perlu menunggu hingga margarin meleleh semua.  Matikan api jika mentega sudah hampir cair sempurna, lalu pindahkan pada wadah yang lebih lebar. Namun jangan menggunakan piring, karena dapat menyebabkan bolu menjadi bantat.

Baca Juga 4 Tips Rahasia Menjadikan Kue Lebaran Lebih Renyah dan Nikmat Loh, Siap di Praktekkan Saat Lebaran

4. Cara mencampur bahan

Hal yang juga perlu kamu perhatikan yaitu ketika mencampurkan bahan-bahan yang ada. Selalu tuang bahan dengan perlahan. Apabila kamu menggunakan tepung, jangan lupa untuk di ayak terlebih dahulu. Gunakan spatula untuk mengaduk adonan secara perlahan.

5. Perhatikan durasi mengocok adonan

Perlu kamu ketahui durasi yang tepat untuk mengaduk adonan. Saat mengocok gula dan telur, bisa menggunakan kecepatan rendah dengan mixer. Kemudian naikan secara perlahan agar mengembang.

6. Atur suhu oven

Sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven, maka oven harus terlebih dahulu dipanaskan. Tujuannya adalah agar adonan dapat langsung mengembang saat dimasukkan. Namun, jangan sampai terlalu panas juga karena adonan bisa gosong.

7. Menambahkan bahan pengembang

Tips terakhir yaitu menggunakan bahan pengembang seperti baking powder, soda kue, cake emulsifier. Bahan-bahan ini dapat kamu temukan dengan mudah di warung-warung yang ada.

7 Tips dapat kamu coba di rumah, agar kue yang dihasilkan menjadi sempurna.

Give Your Opinion

Related Articles