Cara Menjaga Kesehatan Lambung Supaya Tetap Sehat

Lambung adalah bagian dari organ tubuh manusia yang memegang peran yang sangat penting bagi manusia. Lambung juga sangat berperan dalam sistem pencernakan dalam makhluk hidup, baik manusia maupun hewan. Organ tersebut juga berfungsi untuk mencerna serta menyerap sari makanan yang kita konsumsi. Selanjutnya sisa olahan dari sari makanan yang kita makan tersebut akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk feses.

Mengunyah Makanan Haruslah Lebih Lama.

Lambung pastinya bekerja terlalu berat dalam melakukan proses pencernaan makanan yang kita konsumsi setiap harinya, maka akan menyebabkan dinding lambung tersebut sering melakukan pergesekan. Maka akibatnya adalah pada bagian dinding lambung bisa sakit dan terluka. Itulah gejala awal untuk penderita penyakit lambung. Untuk mencegah hal itu supaya tidak terjadi haruslah mengunyah lebih lama makanan yang akan kita makan. Lalu, biarkan hingga makanan tersebut yang nantinya diserap tubuh menjadi sangat lembut. Selanjutnya, kita dianjurkan mengunyah makanan lebih lama supaya makanan tersebut dengan mudah dinetralkan didalam perut, dan nantinya tidak ada dampak peningkatan asam lambung disaat makanan tersebut dikunyah kemudian dicerna oleh lambung. Makan yang terlalu cepat dikunyah juga dapat menyebabkan seringnya mengalami gejala bersendawa dan cegukan terus menerus.

Makan Makanan dengan Teratur.

Kita harus dapat membiasakan diri untuk selalu makan makanan dengan teratur. Manfaatnya ialah untuk memproduksi asam lambung yang akan digunakan untuk melakukan kelancaran pencernaan atau meleburkan makanan tersebut menjadi bentuk yang lebih kecil. Mungkin makanan yang masuk dalam tubuh akan berkurang, maka asam lambung akan dapat melukai lambung itu sendiri. Nah, jika kita makan tidak secara teratur, maka resiko terkena penyakit maag yang ditandai dengan gejala maag kronis.

Mengatur Jumlah Porsi Makan.

Dalam tubuh kita memiliki banyak macam jenis enzim yang berperan sangat membantu dalam melakukan proses pencernaan makanan. Dan apabila jumlah makanan yang kita makan tersebut menjadi terlalu berlebihan, maka tubuh akan bekerja dengan lebih keras untuk dapat memproduksi enzim-enzim yang berguna melakukan proses pencernaan makanan. Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan kita, contohnya seperti mulas, perut terasa begah, dan sebagainya. Semua nutrisi dari makanan yang sudah kita makan pastinya akan diserap oleh tubuh kita dengan melalui sistem pencernaan.

Jangan Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein, Alkohol, Soda, dll.

Jika kita sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar kafein yang tinggi pastinya dapat menyebabkan bahaya kafein bagi tubuh kita. Meskipun kafein dikonsumsi sebagai bagian dari gaya hidup kita, tapi juga harus diperhatikan. Minuman yang mengandung kafein, alkohol, soda, dan lainnya, hal tersebut akan berdampak menjadi tidak nyaman pada organ lambung yang pastinya akan mengakibatkan penyakit pada lambung tersebut. Bukan hanya kafein saja yang menyebabkan penyakit,tetapi lainnya ada juga yang membahayakan seperti halnya alkohol bagi kesehatan. Sementara itu, bahaya minuman yang bersoda bagi kesehatan akan menyebabkan komplikasi kesehatan yang sangat fatal jika dibiarkan terus menerus. Jadi, lebih baik kita harus banyak mengkonsumsi air dalam tubuh.

Olahraga dengan Rutin.

Obesitas juga menjadi peran penting terhadap kesehatan lambung kita. Karena telah dikemukakan oleh beberapa hasil penelitian yang telah menerbitkan dalam jurnal yang bernama “clinical gastroenterology dan hepatologi”. Kesimpulannya adalah hubungan antara kondisi obesitas, kurangnya melakukan aktifitas fisik seperti halnya berolahraga, karena ada beberapa kondisi pencernakan seperti halnya diare, nyeri perut, ataupun terjadinya gangguan-gangguan iritasi yang dialami oleh usus besar tersebut. Maka dari itu, sangat disarankan supaya kita harus rutin dalam melakukan aktivitas fisik seperti halnya latihan gerak tubuh ataupun berolahraga dengan rutin. Gerakan demi gerakan akan berpengaruh besar dalam upaya mengurangi berbagai jenis gangguan pencernaan, utamanya lambung.

Mengkonsumsi Makanan yang Berserat Tinggi.

Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi dan alami dapat membantu tubuh dalam kesehatan pada organ lambung tersebut. Produk makanan yang banyak dan lengkap dengan mengandung serat yang banyak dan tinggi. Makanan tersebut dapat dikonsumsi setiap hari, baik untuk membantu anak-anak maupun orang dewasa dalam proses pencernaan dalam lambung. Makanan yang mengandung serat banyak dapat juga membantu melancarkan pengeluaran sisa pencernakan, yang dalam bentuk feses. Hal tersebut dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit, contohnya penyakit wasir, sembelit, tukak lambung, kanker usus dan lainnya karena kurangnya serat bagi tubuh kita.

Mengurangi Mengkonsumsi Makanan yang Terlalu Pedas, Asam, dan Manis.

Memakan makanan yang terlalu pedas, asam, dan terlalu banyak mengandung gula sangatlah berbahaya untuk jangka panjangnya, karena dapat beresiko meningkatnya produksi asam lambung. Kemudian akan mengakibatkan empedu yang bekerja menjadi lebih keras. Hal tersebut juga dapat memicu pertumbuhan bakteri.  Seharusnya kita harus dapat menjauhi makanan yang pedas, manis, ataupun asam supaya kesehatan lambung kita tetap terjaga. Dan untuk wanita hamil harus bisa menghindari bahaya makanan pedas.

Asupan Cairan untuk Tubuh Harus diperbanyak.

Asupan air mineral dalam tubuh kita akan sangat berpengaruh terhadap proses pencernaan. Salah satunya adalah air karena dapat sangat membantu menetralisir racun-racun berbahaya dalam tubuh kita. Air sangatlah berfungsi untuk melarutkan nutrisi yang ada dalam lambung dan nantinya akan diserap oleh tubuh kita seperti mineral, vitamin, dan nutrisi-nutrisi lainnya yang nantinya dapat mempermudah penyerapan oleh organ dalam  tubuh kita. Air tersebut akan sangat membantu kita untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kita mendapatkan asupan cairan dengan cara mengkonsumsi air putih ataupun minuman yang mengandung rendah kafein, maupun dengan cara mengkonsumsi cairan yang berasal dari buah-buahan maupun sayuran.

Menghindari Diri dari Kondisi Stress.

Stress dapat berpengaruh besar pada kesehatan lambung kita. Dan stress yang sedang dialami seseorang dapat menimbulkan radang usus. Jika kita mengalami stress, maka hal tersebut akan berdampak negatif dengan menurunnya aliran darah kita menuju ke dalam perut, menurunnya jumlah produksi enzim dalam tubuh, serta juga dapat menimbulkan masalah pencernakan sepertihalnya sembelit, mulas, maupun kembung dan lainnya.

Makanan yang Cepat Saji Harus Kita Hindari.

Makanan yang cepat saji merupakan salah satu makanan yang tergolong sangat berbahaya bagi lambung kita. Untuk mereka yang mengalami masalah dengan pencernaannya haruslah cepat menghindar. Makanan cepat saji akan berdampak besar bagi kesehatan yang biasanya muncul dalam waktu yang sangat lama sebagai kebiasaan makan makanan yang cepat saji akan berdampak buruk.

Nah, mungkin cukup sekian pembahasan mengenai cara menjaga kesehatan lambung supaya lambung tetap sehat dan bekerja dengan normal dan stabil. Terimakasih atas perhatiannya.

Give Your Opinion

Related Articles