Destinasi Wisata Coban Sumber Pitu Yang Tak Terlupakan

Berbicara tentang keindahan alam yang terdapat di kota Malang pasti tidak akan ada habisnya. Salah satunya wisata alam coban Sumber Pitu
Lokasi menuju coban sumber pitu tumpang

MaxNyoos.com - Kalau bicara tentang wisata alam di kota Malang, memang gak ada habisnya.  Gimana tidak teman....!! kalau kamu berkunjung ke kota malang kamu bakal disuguhi berbagai wisata alam mulai dari pantai, air terjun dan wisata pegunungan yang gak kalah indahnya. Salah satunya air terjun yang bisa mengisi waktu liburan kamu adalah coban sumber pitu tumpang jawa timur.

Lokasi tempat ini berada di daerah Desa Duwetkrajan Kecamatan Tumpang, Malang jawa timur. Jika ingin menuju ke lokasi coban sumber pitu kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Dari pusat kota malang kamu bisa langsung menuju desa tumpang, setelah kamu berada dipertigaan pasar tumpang kamu belok kanan menuju ke arah kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. sesampainya di Desa Wringinanom Kec.Poncokusumo ada pertigaan kamu belok ke kiri ikuti petunjuk arah coban sumber pitu kamu masuk kawasan Desa Duwetkrajan. Sesampainya di sana kamu bisa memarkirkan kendaraanmu kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalanan kaki sekitar 2km dengan pemandangan perkebunan milik warga setempat dan kalau kamu beruntung bisa ketemu sama monyet liar.

Bukan itu saja, sebelum kamu menuju lokasi air terjun coban sumber pitu, kamu bisa melihat satu aliran dari air terjun lainnya yang letaknya tidak jauh sebelum sumber pitu, penduduk situ menamainya Coban Tunggal. Dengan aliran yang cukup deras kamu bisa melihatnya dari jalan setapak.

Tentang coban sumber pitu                   

Mengapa dinamakan coban sumber pitu ?? Coban sumber pitu adalah mata air yang keluar dari tanah mengalir dari sela - sela tebing dengan jumlah banyak  jaraknya pun berdekatan.

Dengan debit air coban Sumber Pitu mencapai sekitar 1.600 L/deti, banyak orang percaya bahwa sumber debit air yang keluar tersebut berasal dari sebuah sungai di bawah tanah. Masyarakat setempat juga percaya bahwa Sumber Pitu masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Oleh masyarakat dari luar desa air terjun ini sering digunakan sebagai tempat ritual.

Baca Juga 11 Tempat Wisata Paling Berbahaya Di Dunia, Indonesia Menempati Urutan ke-4

Tepat di dekat Coban Sumber Pitu ada sebuah pohon berumur puluhan tahun yang telah tumbang  dimakan usia dengan akar terangkat atas sehingga kamu bisa mengambil foto menawan dari titik ini. Perpaduan antara kealamian, kejernihan airnya, serta panorama yang ada di Sumbe rPitu akan membuat pengunjung betah dan berlama - lama disana. Tujuh air terjun setinggi sekitar 70 meter di tengah hutan melahirkan pesona luar biasa. Untuk masuk tempat wisata ini kamu cukup membayar parkir kendaraan.

Bagaimana teman, kamu tertarik untuk berlibur ke coban sumber pitu yang mempesona ini. Saran saya Buat kamu yang datang kesana tolong jangan membuang sampah sembarangan. Sayang sekali kan kalau tempat seindah ini tidak dijaga dengan baik.

Give Your Opinion

Related Articles