Drone Keluaran Terbaru Ini Dapat Digunakan di Luar Angkasa ?

Drone tak hanya dipakai di bumi, namun sudah digunakan di luar angkasa.

MaxNyoos.com - Teknologi pesawat nirawak atau biasa dikenal dengan sebutan drone kian canggih saja. Fungsinya kian beragam, tak hanya dipakai untuk keperluan operasi militer misal untuk pengintaian atau melakukan serangan mematikan. Drone kini juga banyak dipakai untuk keperluan sipil, misalnya untuk kegiatan reportase para jurnalis atau buat kirim barang. 

Kini, teknologi drone kian canggih saja. Drone tak hanya dipakai di bumi, namun sudah digunakan di luar angkasa. Drone canggih yang bisa merambah keluar atmosfir bumi itu bernama Internal Ball Camer atau Int-Ball. 

Drone Int-Ball ini milik Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA). Drone ini telah berhasil dikirim ke stasiun antariksa internasional (ISS) pada tanggal 4 Juni 2017.  Kini Int-Ball beroperasi di stasiun tersebut. Drone Int-Ball punya kemampuan merekam serta mengirimkan gambar dan video. Pekerjaan lain dari para astronot pun bisa dikerjakan oleh drone ini. 

Kecanggihan lainnya dari drone Int-Ball ini, bisa terbang di lingkungan bergravitasi nol dan dioperasikan dari bumi. Hebat dan canggih bukan. Drone Int-Ball juga bisa bergerak bebas di mana saja, kapan saja, dan dapat merekam gambar dari sudut mana pun. 

Beratnya hanya 1 kilogram dengan diameter 15 centimeter. Dikendalikan dengan sistem kontrol dan sensor. Kecanggihan lainnya gambar yang berhasil direkam drone Int-Ball bisa dikirim secara real time. Pihak JAXA sendiri akan terus mengembangkan kemampuan drone Int-Ball. 

Kabar gembira lainnya, JAXA, sebentar lagi bakal mengirimkan drone yang lebih canggih dari Int-Ball. Kehebatan Jepang dalam soal teknologi  memang tidak ada habisnya. Sebab selain berhasil mengirimkan drone Int-Ball, negeri matahari terbit itu juga sukses meluncurkan robot mini yang mampu berbicara dengan manusia ke ruang angkasa. Robot mini yang diberi nama Kirobo itu diluncurkan keluar angkasa pada 9 Agustus 2013. Beratnya hanya 1 kilogram dengan tinggi 34 centimeter. Kirobo punya kemampuan menyimpan rekaman percakapan dari ruang kontrol para astronot. Canggihlah pokoknya. Indonesia kapan yah bisa seperti itu? Di sini malah ribut apakah bumi itu datar atau bundar. 

Give Your Opinion

Related Articles