Fakta Menarik Khasiat Kentang Ungu Sebagai Pencegah Kanker

Kentang ungu merupakan sejenis umbi-umbian yang memberikan khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh , salah satunya adalah dapat mencegah timbulnya kanker usus besar.

Khasiat Kentang Ungu Untuk Cegah Kanker

Khasiat Kentang Ungu Untuk Cegah Kanker Sumber : http://lifestyle.analisadaily.com

Fakta Menarik Khasiat Kentang Ungu Sebagai Pencegah Kanker

Maxnyoos.com - Kentang ungu tak hanya nikmat disajikan sebagai camilan, tetapi juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Jenis umbi-umbian yang berwarna ungu ini bahkan disebut-sebut mampu menurunkan resiko terjadinya gangguan usus hingga kanker usus besar. Lalu, apa sih keistimewaan kentang ungu sebagai pencegah kanker ini?

Mengandung Senyawa Bioaktif Tinggi

Menurut pakar kesehatan Pennsylvania State University, di Amerika Serikat, yakni Profesor Jairam Vanamala mengungkapkan jika kentang ungu bersama sayuran yang berwarna lainnya mengandung senyawa bioaktif tinggi seperti anthocyanin dan asam fenolik yang sudah terbukti bisa mencegah penyakit kanker. Profesor Vanamala bersama timnya juga menyebutkan jika senyawa tersebut bisa bekerja sampai tingkat molekuler, jadi dianggap sebagai langkah awal penemuan obat untuk penyakit yang paling mematikan seperti kanker.

Baca Juga : Ladies, Ayo Lindungi Diri Dari Kanker Payudara Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Memicu Penurunan Resiko Pertumbuhan dan Penyebaran Sel Kanker

Menurut penelitian yang dipublikasikan lewat Journal of Nutritional Biochemistry, disebutkan jika makanan yang mengandung nutrisi tinggi bernama macronutrien seperti protein dan juga fitonutrien seperti flavonoid, karotenoid dan vitamin yang terkandung dalam kentang ungu bisa mengubah kinerja mukosa interleukin-6 atau kinerja IL-6 sebagai protein yang dapat memicu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Vanamalapun menyimpulkan jika pola makan sehat yang dilakukan dengan mengonsumsi banyak bahan nabati seperti kentang ungu ini, bisa memicu penurunan resiko kanker usus lebih besar jika dibandingkan mereka yang sering mengonsumsi daging.

Lalu, Bagaimana Dengan Kentang Putih?

Apabila kentang ungu berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker usus besar, lalu bagaimana dengan kentang putih? Profesor Vanamala menjelaskan meskipun kentang putih mengandung senyawa sehat, namun ia tak mempunyai konsentrasi senyawa antioksidan dan senyawa anti inflamasi sebanyak kentang ungu. Dengan kata lain, mengonsumsi kentang ungu tentu lebih baik dibandingkan dengan kentang putih.

Jika anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan terbebas dari kanker, tak ada salahnya mengonsumsi kentang ungu sebagai pencegah kanker. Selain itu, imbangi juga dengan asupan makanan sehat dan pola hidup sehat lainnya untuk mencegah datangnya penyakit berbahaya dan paling ditakuti umat manusia tersebut.

Give Your Opinion

Related Articles