Ini Alasan Mengapa Kamu Menangis Saat Nonton Film Sedih, Bukan Karena Cengeng!

Meskipun kamu dikatakan cengeng atau diolok-olok oleh temanmu, namun ternyata ada yang terjadi pada dirimu ketika bisa menangis saat menonton film.

MaxNyoos.com - Jangan merasa malu dulu jika kamu menangis saat menonton film. Meskipun kamu dikatakan cengeng atau diolok-olok oleh temanmu, namun ternyata ada yang terjadi pada dirimu ketika bisa menangis saat menonton film. Bahkan menangis saat menonton film bisa dikatakan sebagai kemampuan melepaskan emosi, yang menandakan kamu kuat dan peka.

Melansir Witty Feed, Sebuah studi mengatakan jika kamu dapat menangis saat menonton film secara psikologis kamu lebih daripada yang tidak menangis.

Sudah pasti, orang yang menggodamu cengeng atau lemah karena menangis saat menonton film, mereka keliru.

Ada juga penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan psikologi, penulis dan ilmuwan Psikologi, Paul J. Zak. Hasilnya film sedih menghasilkan lonjakan produksi hormon oksitosin yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan tingkat kemurahan hati, empati, kebahagiaan, dan tidak mementingkan diri sendiri.

Mengutip Earth Earth, bahwa kamu akan menjadi kuat menghadapi kehidupan ini belajar dari kehidupan orang lain. Meluapkan emosi saat melihat kehidupan orang lain menunjukkan kamu bisa menempatkan posisimu di sana. Bisa merasakan kehidupan itu akan menjadikan kamu mengambil pelajaran.

Paul J. Zak melanjutkan bahwa, kita menangis di film karena oksitosin di otak manusia tidak sempurna disetel. Itu tidak membedakan antara manusia yang sebenarnya dan gambar-gambar manusia yang berkedip-kedip.

Dengan kata lain, empati dan kasih sayang akan menendang tidak peduli apakah ada sesuatu yang nyata atau fiksi.

Baca Juga 8 Film Bollywood Lawas Romantis yang Dibintangi Shahrukh Khan Ini Tidak Lekang Dimakan Zaman

Masih belum yakin? Nah maka cobalah yang berikut ini:

Masih belum yakin? Nah maka cobalah yang berikut ini: Sumber : beautynesia.id

Bayangkan diri kamu mengalami rasa sakit yang dialami seseorang yang baru kamu kenal.

Misalnya, katakanlah kamu mengenal seseorang yang baru saja kehilangan orangtua.

Coba bayangkan bagaimana rasanya jika kamu harus kehilangan mereka. Sedih bukan?

Nah, inilah empati di mana mereka mampu mengambil bagian dalam rasa sakit orang lain.

Baca Juga Film Komedi-Romantis Yang Siap Menemani Hari Libur Kalian

Sebagaimana dinyatakan dalam artikel Earth Child, tentu saja seseorang harus lebih kuat daripada rata-rata orang untuk dapat menangani perasaan ini. Dengan demikian orang berempati pasti jauh lebih kuat dari mereka yang tidak.

Akhir-akhir ini sangat sedikit orang yang peduli saat orang lain menderita lagi. Karena itu kita pasti bisa menggunakan orang yang lebih berempati. Pertahankan semua ini saat kamu menggoda seseorang untuk menangis saat adegan film sedih.


Sumber

Give Your Opinion

Related Articles