Inilah Alasan Mengapa Buah Alpukat Bagus Kamu Konsumsi Setiap Hari

Buah alpukat adalah buah yang memiliki sejuta manfaat.

MaxNyoos.com - Berikut adalah empat alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan  memakan  alpukat setiap hari.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 , yang mempengaruhi hampir 27 juta orang dewasa, jadi masuk akal jika  ingin melindungi diri  sendiri dengan menjadi lebih sadar terhadap kesehatan dalam pilihan makanan kita. Alpukat telah terbukti memberi manfaat positif pada sistem kardiovaskular  dengan sejumlah cara karena lemak jenuh dan kandungan lemak tak jenuh yang tinggi (terutama varietas tak jenuh tunggal (MUFA)). Mengkonsumsi kelebihan lemak jenuh (> 10% dari total kalori) dapat meningkatkan kolesterol LDL dan HDL dan trigliserida . Sebaliknya, mengkonsumsi lemak tak jenuh yang cukup dalam makanan Anda dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat)dan menjaga kolesterol HDL (kolesterol baik) dan berpotensi meningkatkan sensitivitas insulin Anda.

Selain kandungan lemaknya yang bergizi, alpukat juga mengandung campuran nutrisi yang kuat (misalnya potassium dan lutein), termasuk banyak antioksidan seperti karotenoid, callexanthophyll dan fenol. Senyawa ini dapat membantu mencegah peradangan dan stres oksidatif dalam pembuluh darah sambil memfasilitasi peningkatan aliran darah.

2. Menjaga berat badan Anda

2. Menjaga berat badan Anda

Mengonsumsi lemak untuk menurunkan lemak? Alpukat dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan BMI yang sehat dengan memberikan perasaan kenyang. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa  alpukat termasuk dalam makanan yang membantu memperpanjang perasaan kenyang dan mengurangi keinginan terlalu banyak mengkonsumsi. Alpukat dibantu oleh kandungan seratnya yang tinggi, rata-rata 14 g per buah. Selain itu, dengan mengkonsumsi alpukat yang lebih tinggi dapat menjadikan  lingkar pinggang  lebih kecil dan BMI yang lebih rendah dalam penelitian observasional. 

Baca Juga : Inilah 10 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Jarang di Ketahui Orang

3.Mengurangi risiko kanker

3.Mengurangi risiko kanker

Alpukat memberikan banyak fitokimia yang dapat membantu mencegah kanker, termasuk xanthophyll dan fenol yang telah dibahas sebelumnya. Senyawa protein yang disebut glutathione, bersama dengan xanthophyll lutein (keduanya ditemukan pada alpukat), dapat menurunkan risiko terkena kanker mulut. Data awal juga menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk peran potensial alpukat dalam mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. 

4. Melindungi kulit dan mata Anda sampai usia tua

4. Melindungi kulit dan mata Anda sampai usia tua

Ternyata, karotenoid pada  alpukat melakukan cukup banyak hal untuk tubuh kita. Baik lutein dan senyawa lain yang ditemukan pada alpukat yang disebut zeaxanthin dapat memperlambat penurunan  penyakit mata terkait usia dan mencegah disfungsi penglihatan. Selain itu, kedua nutrisi ini juga berfungsi sebagai penyangga terhadap kerusakan UV oksidatif, menjaga agar kulit tetap halus dan sehat. Ketersediaan hayati (kemudahan penyerapan oleh tubuh kita) karotenoid dari alpukat dibandingkan dengan banyak buah dan sayuran lainnya membuat alpukat menjadi makanan yang dapat diajadikan pilihan untuk  setiap hari.

Give Your Opinion

Related Articles