Inilah Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Narkoba yang harus Kamu Tau!

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat berbahaya, apalagi buat kalangan remaja jaman sekarang sudah bukan hal asing lagi. Karena sudah banyak orang yang mengetahui seberapa buruk efeknya untuk kesehatan meskipun masih ada juga yang kecanduan yang dimana awalnya hanya ingin mencoba dan akhirnya menjadi ketergantungan.

Maxnyoos.com - Efek dari narkoba ini banyak sekali dan tidak dipungkiri efek tersebut tidak ada yang baik. Beberapa contohnya seperti mudah lupa, adrenalin meningkat (kerusakan pada jantung), tindakan seperti orang gila, lebih agresif dari biasanya, dan masih banyak efek lainnya. Itulah efek samping pada umumnya yang dialami para pecandu atau pengkonsumsi obat-obatan terlarang. Nah, disini akan dibahas tips jitu supaya dapat mengatasi kecanduan dari mengkonsumsi narkoba.

1. Berniat untuk Berhenti

1. Berniat untuk Berhenti

Berniat pada diri sendiri dan bertekad yang kuat adalah awal dari keberhasilan untuk berhenti memakai narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya. Inilah langkah pertama untuk mengatasi kecanduan. Meskipun belum bisa berhenti total, setidaknya memiliki niat untuk berhenti mengkonsumsi narkoba yang nantinya dapat terwujud.

Baca Juga : Karena Narkoba, Inilah Dua Rencana Besar Ridho Rhoma Yang Hancur Berantakan

2. Mencatat Efek Samping dari Kecanduan Narkoba

2. Mencatat Efek Samping dari Kecanduan Narkoba sumber : youtube.com

Banyak sekali efek samping yang berbahaya selama mengkonsumsi narkoba. Mencatat efek samping atau resiko yang akan terjadi selama masih menjadi pecandu akan secara otomatis terdorong supaya ingin berhenti dari mengkonsumsi narkoba. Hal tersebut juga berdampak besar dalam proses pemberhentian dari kecanduan. Karena dari banyaknya efek samping, akan menjadi motivasi yang kuat untuk berhenti dalam kecanduan narkoba. Seperti halnya dengan menuliskan apa saja yang dirasa pada saat sebelum kecanduan dan pada saat kecanduan. Pastinya banyak sekali perbedaan karena perubahan dalam kegiatan kesehariannya.

3. Berolahraga Secara Teratur Meskipun Hanya Olahraga Ringan dan Perbanyak Minum Air Putih

3. Berolahraga Secara Teratur Meskipun Hanya Olahraga Ringan dan Perbanyak Minum Air Putih

Dengan berolahraga secara teratur, selain dapat menyehatkan tubuh, pasti juga berguna untuk pengalihan perhatian daripada mencandu narkoba. Meskipun olahraga tersebut bukan olahraga yang beratpun, karena pada intinya olahraga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan dapat melemaskan otot-otot yang yang tegang atau otot yang kaku. Serta selingi waktu olahragamu dengan perbanyak meminum air putih, karena air putih berguna cepat melunturkan sisa ampas obat-obatan tersebut yang berada dalam organ tubuh.

4. Melakukan Meditasi Secara Rutin

4. Melakukan Meditasi Secara Rutin

Banyak sekali manfaat dari meditasi. Apalagi untuk orang yang sedang kecanduan narkoba, sangat cocok jika seorang pecandu sudah berniat untuk berhenti dan melakukan meditasi sebagai cara yang jitu dalam mengatasi kecanduannya. Karena dengan melakukan meditasi, sangat banyak hal positif yang akan didapat, misalnya akan mengurangi rasa stress, menenangkan pikiran, pikiran menjadi bisa berpikir lebih jernih, pernafasan dan peredaran tubuh menjadi teratur, dan masih banyak lagi khasiatnya dari bermeditasi.

5. Membatasi Lingkungan Pergaulan dari Pecandu

5. Membatasi Lingkungan Pergaulan dari Pecandu

Lingkungan sekitar berpengaruh besar bagi pergaulan sosial kita. Apalagi lingkungan sekitar yang sudah tercemar oleh narkoba. Memang sangat sulit untuk keluar atau menjauh dari lingkungan tersebut, tapi lingkungan tersebut jangan dijauhi atau didekati. Cukup diri kita sendiri yang dapat mengontrol gaya hidup kita.

Kita ingin berhenti meskipun lingkungan tidak mendukung, kita bisa membatasi melalui aktivitas kita, perbanyak aktivitas untuk menyibukkan diri kita sampai-sampai tidak ada waktu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar tersebut. Apalagi diri kita sendiri sudah memutuskan hanya ingin berhenti dari kecanduan narkoba tapi tidak ingin putus hubungan dengan lingkungan serta orang-orang sekitar. Karena dengan menyibukkan diri tersebut, orang-orang sekitar juga tidak mungkin ada pikiran atau perasaan yang buruk terhadap kita.

Nah, cukup puas apa belum dengan beberapa tips jitu cara mengatasi kecanduan dari narkoba diatas? Saya kira tips diatas sangatlah mujarab jika dari diri kita sendiri sudah ada keniatan ingin berhenti. Silahkan tuangkan pendapat atau tambahan kalian tentang tips mengatasi menghilangkan rasa kecanduan dari narkoba.

Safe Indonesia Darurat Narkoba.

Give Your Opinion

Related Articles