Ketahui Bagaimana Tips Membeli Laptop Baru Yang Berkualitas dan Sesuai Kebutuhan

Terdapat banyak pilihan dan model yang ada saat ini, karena itu perlu kamu ketahui bagaimana tips membeli latop yang baik agar laptop dapat bertahan lama dan tentunya tetap nyaman digunakan.

MaxNyoos.com – Tidak dapat dipungkuri, kebutuhan teknologi saat ini sudah semakin tinggi. Salah satu teknologi yang sering digunakan oleh banyak kalangan yaitu laptop. Terdapat banyak pilihan dan model yang ada saat ini, karena itu perlu kamu ketahui bagaimana tips membeli latop yang baik agar laptop dapat bertahan lama dan tentunya tetap nyaman digunakan.

Sebelum mencari spek yang diinginkan, ada hal yang terlebih dahulu harus kamu ketahui, yaitu perbedaan antara netbook, notebook, dan laptop itu sendiri. Netbook biasanya memilki ukuran antara 6 inci sampai 13 inci, dan dibekali dengan processor menengah kebawah. Sedangkan Notebook berukuran 13 inci sampai 18 inci dan tentunya sudah dibekali dengan processor yang memadai. Terakhir adalah Laptop, ukurannya pasti diatas 18 inci dan memiliki spesifikasi diatas Notebook sendiri. Namun, kebanyakan orang menyebut Notebook sebagai Laptop. Karena itu hal yang penting untuk mengetahui jenis perangkat yang kamu butuhkan. Berikut beberapa tips penting sebelum membeli laptop :

1. Belilah Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah mengetahui jenis perangkat yang kamu butuhkan, saatnya untuk mengetahui jenis kebutuhan mu. Jenis kebutuhan tersebut di bagi menjadi tiga, yaitu :

  • Laptop Untuk Kantor dan kuliah

Jika kamu hanya membutuhkan laptop yang akan digunakan untuk mengetik, nonton film, browsing, dan bermain game ringan maka laptop kantorlah pilihannya. Karena kegiatan ini tidak begitu membutuhkan spek yang tinggi, selain itu laptop ini juga bagus untuk mahasiswa yang butuh untuk kegiatan biasa.

  • Laptop Gaming

Jika kamu menggunakannya untuk bermain game dengan durasi yang lama, kejernihan gambar, dan performa yang stabil, maka kamu harus mencari laptop jenis gaming.

  • Laptop Desain

Buat kamu yang bekerja seagai desain grafis maka dibutuhkan sebuah perangkat dengan spesifikasi yang tinggi. Karena berhubungan dengan grafik, warna, editing. Karena itu diperlukan processor dan memori yang tinggi untuk menunjang pekerjaanmu ini.

2. Ketahui Jenis dan Merek Laptop Yang Ada

Ada begitu banyak jenis dan merek laptop yang ada di pasaran saat ini. Karena itu penting untuk mengetahui kualitas dan spesifikasi yang terdapat dalam laptop tersebut. Ketahui juga kelebihan dan kekurangan tiap merek laptop yang ada, semisal merek Toshiba memiliki kelebihan pada sparepart yang kuat dan tahan banting, sedangkan merek Asus memiliki pelayanan service yang baik. Dan jangan melupakan hal terpenting yaitu menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki untuk membeli laptop.

Baca Juga Beredar Bocoran Xiaomi Redmi Note 5, Dengan Layar 18:9 dan Kamera Ganda

3. Cek Garansi dan Service

Adanya garansi yang diberikan tentunya akan memberikan kenyamanan yang lebih apabila terjadi kerusakan pada laptop dikemudian hari. Selain itu, perhatikan ketersediaan service centernya.

4. Ketahui Harga Jual Kembali

Tips keempat yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli laptop yaitu ketahui harga jual kembali jika suatu saat kamu ingin mengganti laptop lama dengan yang baru. Jangan sampai harga jual kembali jauh di bawah harga ketika kamu membelinya.

Baca Juga 11 Drone Murah Dengan Kualitas Yang Terbaik Bagus Buat Para Pemula

5. Cek Semua Fitur Laptop Yang Akan Dibeli

Bagian yang paling rawan ada pada bagian keyboard, dan port-port lainnya yang ada di laptop, jadi pastikan untuk semua bagian berjalan dengan baik sebelum meninggalkan toko laptop tersebut. Dengan begitu kamu akan membeli laptop yang sesuai keinginanmu.

Give Your Opinion

Related Articles