Mengenal Rule Of Third Bagi Fotografer Pemula (DSLR)

Bagi seorang fotografer apalagi yang masih pemula pasti bingung harus memulai darimana menentukan teknik yang benar untuk menghasilkan hasil gambar yang menarik dari hasil capture dari kameranya.

Selamat malam sahabat MaxNyoos.com, untuk artikel kali ini akan membahas seputar tips fotografi menggunakan dengan kamera DSLR. Let's Cekidot

Mungkin ada dari fotografer yang sudah profesional maupun yang pemula mengetahui apa itu Rule Of Third. Walaupun hanya sekedar mengetahui bahwa Rule of Third merupakan komposisi yang mendukung eksperimen seorang fotografer. Lebih tepatnya dengan adanya Rule of Third ini dapat memberikan keseimbangan, keselarasan pada komposisi sebuah foto antara Point of Interest, Foreground dan Background. 

Rule of Third memang bukanlah satu - satunya komposisi yang ditetapkan dalam dunia fotografi. Tapi, akan lebih baik dikuasai oleh fotografer agar bisa menghasilkan foto yang bagus dan tampak menarik. Untuk fotografer pemula terutama sangat disarankan untuk menguasai Rule of Third terlebih dahulu,  jika memang ingin menghasilkan hasil foto yang terbaik.

Berikut merupakan grid yang digunakan sebagai garis panduan pada Rule of Third :

Image

Perhatikan titik yang ditandai, itu merupakan posisi dimana POI (Point of Interest) ditempatkan. Beberapa kamera DSLR ada memiliki menu untuk menampilkan grid, ada juga yang tidak ada menu untuk menampilkan gridnya. Salah satu kamera yang tidak ada menu untuk menampilkan gridnya yaitu Nikon d3200, jadi terkadang memang sulit jika menggunakan Nikon d3200.Namun meskipun tidak ada menu grid,Nikon d3200  sudah ada penampakan di lensanya yang hampir mirip dengan grid. 

Jika memang kurang yakin, bisa di cek melalui photoshop, caranya:

1. Masuk ke Photoshop terserah mau CS berapa, disini saya memakai CS6,dan pilih gambar yang mau di seleksi apakah sudah sesuai dengan Rule of Third atau belum.

2. Tekan CTRL + K, hingga tampil window preferences seperti dibawah ini:

Image

3. Selanjutnya pilih menu Guides, Grid & Slices, dan ubah parameter seperti dibawah ini: 

Gridline Every : 100 percent, jika masih inches ubah ke percent

Subdivisions : 3

Image

Baca Juga Tips Dan Trik Memotret Makanan Dengan Menggunakan Kamera Handphone

4. Parameter telah diubah, klik OK, untuk menampilkan Gridline Rule of Third 

pilih menu View -> Show -> Grid

Image

5. Terakhir lihat apakah POI (Point of Interest) nya sudah memenuhi komposisi Rule of Third apa belumJika POI dirasa belum diposisi Rule of Third, maka bisa disesuaikan. 

Image

Nah, begitulah tipsnya jangan lupa diterapin ya jika memang ingin menguasai dibidang jepret - jepret, karena fokus saja tidak cukup oleh karena itu muncullah Rule of Third ini

Sumber : http://desain.ilmuwebsite.com/2014/12/belajar-fotografi-mengenal-rule-of-third.html

Give Your Opinion

Related Articles