Para Wanita, Simak Tips Mengatasi Lapar Mata Saat Belanja Agar Tidak Kebablasan !

Untuk sebagian orang, berbelanja menjadi cara ampuh menghilangkan suntuk dan stres. Sementara sebagian lainnya, menganggap belanja sebagai sebuah cara memuaskan diri sendiri setelah sebulan bekerja. Karena itu perlu diketahui bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik agar tidak kebablasan.

MaxNyoos.com - Belanja itu menyenangkan hati. Untuk sebagian orang, aktivitas ini bahkan jadi cara ampuh menghilangkan suntuk dan stres. Sementara sebagian lainnya, menganggap belanja sebagai sebuah cara memuaskan diri sendiri setelah sebulan bekerja. Apa lagi kalau budget untuk belanja selalu tersedia setiap bulannya, belanja tentu jadi hal wajib yang tak boleh dilewatkan.

Disamping itu, jika pada mulanya kegiatan belanja identik dengan wanita, kini stereotipe itu mulai bergeser. Kamu bisa buktikan sendiri, di mall-mall besar, baik pria maupun wanita terlihat enjoy memilih barang, pakaian, hingga sepatu incaran mereka.

Masalahnya, sebagian orang masih susah mengontrol nafsu belanja. Alih-alih berhemat, yang terjadi malah sering overbudget. Penyebabnya satu, lapar mata! Karenanya, penting sekali untuk belanja cerdas. Kamu harus jago mengendalikan pemasukan dan pengeluaran dengan baik sekaligus bisa memenuhi kebutuhan. Apa lagi boros itu tak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga berdampak pada orang-orang di sekitarmu. Bagi kamu yang mempunyai kebiasaan lapar mata, simak tips cara mengatasinya agar tidak kelewatan batas

1. Membuat Daftar Belanja Ternyata Sangat Membantu, Apalagi Untukmu yang Mudah Sekali Merogoh Saku

1. Membuat Daftar Belanja Ternyata Sangat Membantu, Apalagi Untukmu yang Mudah Sekali Merogoh Saku Sumber : pixabay.com

Jika kamu belum terbiasa membuat daftar belanja, berarti kamu perlu mencobanya. Hal ini akan membantumu mengelola anggaran belanja jadi lebih detail bahkan bisa meminimalisir pengeluaran. Apa lagi untukmu yang sadar betul kalau kamu mudah lapar mata, trik semacam ini dapat melatih kedisiplinanmu dalam mengontrol uang.

Pada awal bulan atau H-7 sebelum gajian, coba kamu tulis apa saja yang perlu dibeli. Setelahnya, tinggal kamu anggarkan uang gajimu untuk membeli keperluanmu itu. Kalau kamu sudah bisa mematuhi prinsip pribadimu ini, maka ancaman overbudget pun tak akan menghantuimu.

Baca Juga Inilah asal-usul Nama "Coffee Break" yang Asli dan Pastinya Kalian Belum tahu

2. Miliki Jadwal Belanja yang Rutin Supaya Tahu Mana yang Memang Butuh dan Mana yang Sebatas Ingin

2. Miliki Jadwal Belanja yang Rutin Supaya Tahu Mana yang Memang Butuh dan Mana yang Sebatas Ingin Sumber : pixabay.com

Belajarlah untuk tidak menjadikan keinginan sebagai prioritas. Sebab kamu perlu mendahulukan kebutuhan yang nyatanya memang diperlukan. Kalau hanya untuk memenuhi segala keinginan, yang ada kamu jadi sering boros dalam mengeluarkan uang. Belum lagi kalau punya teman yang sering mengajak hang out, pengeluaran untuk aktivitas ini pun harus disiapkan juga. Agar seimbang, mungkin kamu bisa mengakalinya dengan membuat jadwal belanja yang rutin.

3. Kata Siapa Window Shopping Itu Buang-buang Waktu, Manfaatkan Kesempatan Keliling Mall Kalau Memang Dirasa Perlu

3. Kata Siapa Window Shopping Itu Buang-buang Waktu, Manfaatkan Kesempatan Keliling Mall Kalau Memang Dirasa Perlu Sumber : sarasotasheriff.org

Tujuan window shopping salah satunya untuk membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Apa lagi biasanya harga yang ditawarkan oleh masing-masing toko memang selalu berbeda walaupun barangnya sama. Jadi, bijaklah dalam berbelanja. Tidak asal memilih barang hanya karena barang itu terlihat lucu dan menarikmu untuk membeli. Lagi pula kalau kamu terbiasa membandingkan harga, kamu akan tahu banyak hal mengenai suatu produk yang jadi keperluanmu.

Baca Juga Ketahui 5 Macam Tipe Anak Gaul Berdasarkan Fotonya Di Sosmed

4. Hati-hati dengan Kartu Kredit, Karena Sewaktu-waktu Kalau Tagihanmu Membengkak Justru Bisa Membuatmu Terlilit

4. Hati-hati dengan Kartu Kredit, Karena Sewaktu-waktu Kalau Tagihanmu Membengkak Justru Bisa Membuatmu Terlilit

Untukmu yang terbiasa menggunakan kartu kredit, penguasaan diri agar tidak lapar mata harus jauh lebih besar. Perlu kamu ingat lagi, fungsi kartu kredit adalah demi memberikan rasa aman dengan tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, bukan sebagai alat yang memudahkanmu  untuk berhutang. Jadi, kalau kamu saat ini mungkin belum menggunakan kartu kredit, pertimbangkanlah terlebih dahulu manfaat serta dampak yang akan muncul nantinya.

5. Pisahkan Sendiri Rekening untuk Belanja dengan Rekening untuk Keperluan Lainnya

5. Pisahkan Sendiri Rekening untuk Belanja dengan Rekening untuk Keperluan Lainnya Sumber : pixabay.com

Cara ini mungkin belum banyak diterapkan. Tapi tak ada salahnya mencoba. Kamu cukup membuat satu rekening terpisah yang khusus dialokasikan untuk belanja. Sehingga pengeluaran untuk operasional bulanan tak perlu diutak-atik lagi. Manfaatnya, kamu pun jadi punya saldo khusus setiap bulan yang memang ditujukan untuk belanja. Menarik bukan?



Sumber

Give Your Opinion

Related Articles