Sering Memaki ? Ketahui 4 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Memaki adalah salah satu hal yang biasanya kita lakukan ketika sedang marah. Tapi siapa sangkah ternyata memaki memiliki dampak positif yang bagi kesehatan.

MaxNyoos.com – Memaki adalah salah satu hal yang biasanya kita lakukan ketika sedang marah. Tapi siapa sangkah ternyata memaki memiliki dampak positif yang bagi kesehatan, namun sebaiknya tidak kamu lakukan secara terus menerus.

Menurut penelitian yang dilakukan Emma Byrne, menemukan fakta bahwa dengan memaki membantu kita untuk menyalurkan emosi negatif sehingga memiliki dampak baik bagi kesehatan fisik dan psikis.

1. Mengendalikan emosi

1.	Mengendalikan emosi

Tindakan memaki ini diyakini telah ada sejak zaman nenek moyang kita, yang dimana digunakan untuk mengekspesikan kemarahan tanpa kekerasan fisik. Terkadang selepas memaki perasaan marah dan ketegangan yang terjadi akan berkurang, sehingga tindakan lain yang tak diinginkan tidak terjadi.

Coba bayangkan ketika kamu emosi dan tidak dapat melepaskan amarah tersebut dengan memaki, bisa jadi tindakan tangan dan kaki akan berbicara sehingga menimbulkan kerugian yang lebih besar.

2. Rasa sakit dapat lebih teratasi

2.	Rasa sakit dapat lebih teratasi

Ketika memaki tentunya tidak akan membuatmu terlihat lebih gagah. Namun dari penelitian, menemukan bahwa dengan memaki dapat meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit fisik ataupun emosi , dan dapat mengurangi rasa frustasi.

Saat memaki, tubuh secara otomatis akan memproduksi hormone adrenalin yang dapat menimalisir sinyal rasa sakit yang diterima otak. Sehingga kemampuan daya tahan tubuh akan menigkat terhadap rasa sakit, baik secara fisik maupun psikis.

Baca Juga Wanita Selingkuh Secara Emosional, Sedangkan Pria Selingkuh Secara Fisik!

3. Mengatifkan bagian otak tertentu

3.	Mengatifkan bagian otak tertentu

Dengan memaki ternyata dapat juga mengaktifkan bagian otak tertentu yang tidak di tempati kata lain. Menurut Byrne, memaki bisa membantu para penderita stroke untuk dapa berbicara kembali.

“Bila seseorang mengalami stroke di sisi kiri otaknya, ada kemungkinan ia akan kehilangan kemampuan bicara,” tuturnya. Karena memaki menggunakan bagian otak yang mengatur emosi dan bahasa, maka akan lebih mudah memulihkan kemampuan berbicara penderita stroke.

4. Memerlukan kecerdasan

4.	Memerlukan kecerdasan

Menurut penelitian yang dilakukan Marrist College pada tahun 2016 menemukan spekulasi bahwa mereka yang sering memaki akan memiliki banyak perbendaharaa kata. Sehingga makian yang diberikan dapat menciptakan sesuatu yang memiki arti unik.

Untuk kalian yang membutuhkan penyaluran emosi yang positif, memaki mungkin bisa menjadi solusinya. Namun, tetap harus memperhatikan situasi dan kondisi yang tepat.

Give Your Opinion

Related Articles