Simak 8 Tips Cara Bermain Arum Jeram Yang Aman Dan Tetap Asyik !

Beberapa orang mungkin akan berpikiran olahraga arum jeram akan sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang yang tidak bisa berenang.

MaxNyoos.com – Arum jeram adalah salah satu cabang olahraga yang dapat menantang adrenalin.  Rafting  akan semakin terasa seru disaat arus sungai semakin kencang. Sensasi deg-degan iniah yang membuat beberapa orang ketagihan untuk kembali mencobanya.

Beberapa orang mungkin akan berpikiran olahraga arum jeram akan sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang yang tidak bisa berenang. Namun, tak perlu skill khusus untuk dapat ikut olahraga ini. Cukup simak beberapa tips rafting bagi pemula berikut ini :

1. Perhatikan kondisi tubuh

Hal yang paling penting sebelum kamu ikut rafting adalah perhatikan kondisi tubuh. Pastikan seluruh anggota tubuh berada dalam keadaan sehat. Karena olahraga ini memerlukan fisik tubuh yang fit dan bertenaga, sehingga sangat berbahaya jika dilakukan dalam kondisi sakit.

2. Kenakan pakaian yang nyaman

Pastikan tubuh merasa nyaman dengan pakaian yang digunakan untuk bermain. Lebih baik mengenakan berbahan kaos katun dan celana pendek. Dan jangan lupa untuk menggunakan alas kaki seperti sandal gunung agar tidak mudah lepas dan dibawah oleh arus.

3. Gunakan perlengkapan yang lengkap

Selalu gunakan helm pelindung dan jaket pelampung. Hal ini bertujuan untuk menghindari benturan di kepala pada area kepala, dan tidak tenggelam bagi yang tidak dapat berenang dengan jaket pelampung. Selalu pastikan untuk memilih jaket yang nyaman dikenakan dan pas dibadan, tidak longgar ataupun terlalu sempit.

4. Selalu pemanasan

4.	Selalu pemanasan Sumber : progorafting.com

Sebelum bermain arum jeram, ada baiknya untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Biasanya kamu akan dipandu oleh pemandu untuk melakukan pemanasan.

Baca Juga 8 Objek Wisata Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan Ketika Berkunjung ke Kota Soppeng.

5. Perhatikan posisi duduk

Posisi duduk yang benar saat bermain rafting adalah di tepi perahu karet. Jangan duduk di tengah maupun dasar perahu karet. Formasi posisi duduk juga perlu diperhatikan, umumnya disesuaikan dengan berat badan. Kemudian, jepit kaki pada bagian dasar perahu agar disaat kamu terombang-ambing akan lebih nyaman dan aman.

6. Cara memegang dayung

Salah menggerakkan dayung justru dapat melukai diri sendiri dan orang lain, karena itu perhatikan cara menggunakan dayung yang benar. Apabila kamu duduk di posisi kanan, maka genggam dayung dengan telapak tangan kanan, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga Aksesoris Ini Buat Foto-Mu Makin Keren dan Stylish Saat Liburan Panjang

7. Saat terjatuh

Apabila kamu terjatuh ke sungai saat bermain arum jeram, ingatlah untuk tidak panik dan tetap tenang. Arahkan tubuh sesuai arah arus, jangan membelakangi arus. Kemudian angkat kaki hingga mencapai permukaan air untuk mengetahui apakah ada batu di depan atau tidak dan menahannya dengan kaki.

8. Saat perahu terbalik

Saat perahu terbalik, suasana akan menjadi gelap seketika dan terjadi sangat begitu cepat. Karena kamu harus tetap tenang dan tidak panik. Walaupun perahu terbalik, di perahu tetap akan ada celah udara. Kemudian cobalah keluar dari perahu yang terbalik dengan cara menyelam. Segeralah keluar dari perahu yang terbalik, karena dikhawatirkan bisa terkena batu.

Selain itu, kekompakan tim juga dibutuhkan saat bermain rafting ini. Karena itu jangan malu untuk bertanya kepada pemandu jika masih bingung ya.

Give Your Opinion

Related Articles