Tips Dan Trik Memotret Makanan Dengan Menggunakan Kamera Handphone

Berikut Merupakan Cara Atau Panduan Memotret Makanan Agar Gambar Yang Di Hasilkan Bisa Terlihat Profesional dan mampu Memberi Informasi Tentang Makanan Yang Kita Foto.

MaxNyoos.com - Hobi atau suka memfoto makanan saat di resto kesukaan kamu dan membagikannya di social media seperti Instagram, Facebook, dll !! nih supaya hasilnya bagus dan membagakan jangan asal foto . Pelajari dulu tips dan trik berikut agar foto makanan yang kamu ambil kelihatan lebih professional.

Di era teknologi sekarang ini siapa sih yang nggak suka foto-foto menggunakan  kamera handphone. Terlepas dari penilitian yang mengatakan kalo suka memfoto makanan sebelum di santap dan kemudian membagikan foto-foto makanan ataupun minuman yang sangat menggiurkan,Sebenarnya bias membagi informasi seperti  restouran yang menarik di sekitar kita ataupun menu makanan dan minuman yang khas dari restoran itu,dan pelayanan dari restouran itu memuaskan atau tidak,Trus rasa dari makanan yang kita pesan enak atau tidak enak,Ataupun mungkin bahkan kita juga bias membagi resep makanan yang kita buat sendiri.

Maka, selama foto itu mempunyai nilai informative, kita akan lebih appreciate ketimbang orang yang memfoto makanan hanya sekedar untuk eksistensi. Kalo tidak informative setidaknya foto makanan yang kita unggah terlihat berkelas  he..he..he.. nah. Dengan memotret makanan secara lebih memperhitungkan nilai estetika atau nilai,Akan membuat kita naik level dan semoga juga dapat menghindari cibiran orang yang menganggap kita hanya eksis berkala. Berikut adalah tips dan triknya :

1. Tatanan Adalah Kuncinya

1. Tatanan Adalah Kuncinya

Sebagai pemula cobalah komposisikan .Pada komposisi berikut ,Bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara horizontal ataupun vertical sehingga memiliki Sembilan area yang memiliki ukuran sama besar. Dengan pembagian ini ,Akan ada empat bagian titik temu yang terjadi. Menurut teori desain, Saat melihat gambar mata secara natural akan condong tertuju pada titik-titik temu tersebut di bandingkan pada titik tenggah foto. Walaupun teori atau metode ini tidak wajib diaplikasikan,Tetapi ini adalah teknik dasaein membuat komposisi yang enak dilihat sebelum intuisi kita benar-benar terasah.

2. Memilih Posisi Yang Tepat Untuk Memfoto

2. Memilih Posisi Yang Tepat Untuk Memfoto

Semenarik mungkin apapun makanan yang kita foto, Akan kelihatan biasa saja kalo angle atau penempatan posisi  saat mengambil gambar atau memfoto kurang akurat atau kurang baik. Sebaiknya coba berbagai angle atau posisi memfoto untuk mendapat hasil yang di inginkan. Dan dari beberapa sumber juga  mennyarankan coba untuk memotret dengan kemiringan 45 derajat.  Ada juga mengakatan bahwa memotret atau mengambil gambar dari sudut pandang garpu atau sendok (bayangan bahwa kamera handpone ada di bagian ujung garpu atau sendok yang akan menuju makanan tersebut) akan dapat menghasilkan foto atau gambar close-up yang  sangat menarik.Dan teruslah mencoba berbagai angle yang cocok untuk tipe-tipe makanan yang berbeda 

3. Pencahayaan Sangatlah Penting

3. Pencahayaan Sangatlah Penting

Memang kadang kala kita sulit mengontrol intensitas pencahayaan yang tersedia di dalam sebuah restoran. Namaun sebisa mungkin carilah lokasi yang dekat dengan jendela untuk mendapat pencahayaan alami yang sangat membantu. Cahaya natural atau alami juga akan memberikan detail yang lebih bayak untuk ditangkap oleh lensa kamera.

Kalau kamu sedang berada di restoran.Manfaatkanlah tissue,Kertas polos putih atau serbet putih sebagai pengganti reflector atau pemantul cahaya. Apabila cahaya alami datang dari arah kanan makanan, Maka memintalah bantuan  orang di sekitar kamu untuk memegangi tissue, Kertas polos putih ataupun serbet putih di sebelah kiri bagia juga sebaliknya. Hal ini juga dapat membuat hasil foto yang semakin baik.

Baca Juga : Angkot Mewah Lengkap WIFI dan TV? Bandung Punya!!

4. Hindari Menggunakan Flash

 4. Hindari Menggunakan Flash

Jarang sekali foto berkualitas baik yang dihasilkan dengan menggunakan fitur flash. Apalagi di dalam hal memotret makanan, Fitur flash dapat memantulkan warna dari makanan yang di foto, Menghasilkan bayangan yang sangat tidak diinginkan, Dan mengacaukan perpadauan warna.

5. Jelilah Memilih Background

5. Jelilah Memilih Background

Perhatikanlah latar belakang objek atau background sebelum mengambil gambar atau memfoto. Sendok atau garpu kotor atau tangan orang yang berada di depan objek foto dapat merusak keindahan foto makanan yang menggiurkan. Latar atau background yang bersih akan membuat foto terlihat wahh!!, Atau cobalah berkreasi dangan meletakkan sesuatu yang berhubungan dengan masakan itu sendiri sebagai latar atau background.

6. Makanan Yang Menarik

6. Makanan Yang Menarik

Itu sedah pasti, Makanan yang memiliki banyak unsur warna akan lebih jauh menarik ketimbang yang monoto atau itu itu saja.Dan perlu diingat bahwa selalau mengambil foto ketika makanan baru di hidangkan atau baru disajikan. Kalau makanan yang akan di foto tidak memiliki banyak unsur warna genakan peralatan atau perlengkapan makan seperti Piring,Gelas,Garbu,Sendok,Atau pisau yang berwarna menarik dan kontras dengan warna dari makanan atau objek utama. Atau juga bias menambahkan objek bantuan seperti telenan dan serbet yang memiliki corak yang berbeda.

7. Edit Foto Meggunakan Aplikasi

7. Edit Foto Meggunakan Aplikasi

Dengan foto yang di hasilkan menggunakan kamera handphone gak ada salahnya  di editing menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia. Apapun boleh saja dilakukan untuk memperindah atau mempercantik foto yang di ambil.Baik itu memberikan efek brightness yang lebih, Mempertajam kontras foto,menguatkan warna dari foto, Magurangai shadow dari foto,Bahkan memberi efek buram pada latar atau sekeliling objek utama sehingga bias mennyamai kamera slr yang memiliki kemampuan depth of field. 

Give Your Opinion

Related Articles