Youtube Diboikot Perusahaan Merek Ternama, Para Youtuber Merana

Akibat Youtube tidak mampu memfilter video yang memuat konten negatif, perusahan atau pemegang merek ternama telah mencabut iklannya dari platform video streaming tersebut dan berdampak pada turunnya pendapatan Youtube dan Youtuber.

MaxNyoos.com  - Youtube tengah mengalami masalah yang cukup serius, dimana banyak perusahaan dengan merek ternama mulai menarik iklan mereka dari platform streaming video terbesar tersebut. Google sebagai pemilik Youtube dianggap tidak mampu memastikan agar iklan yang mereka tampilkan tidak tampil pada video dengan konten-konten yang negatif.

 Dilansir dari suatu laporan oleh Wall Street Journal, pada platform streaming video tersebut masih banyak video-video yang memuat konten negatif. Sehingga membuat para perusahaan dengan merk ternama yang beriklan di Youtube menarikiklan mereka, karena mereka tak ingin citra perusahaan atau mereknya terkesan mendukung gerakan rasisme, radikalisme, ujuran kebencian, dan terorisme.

 Beberapa perusahaan atau merk yang telah menarik iklannyadari Youtube di antaranya McDonald's, Toyota, Audi, Verizon, Walmart, Starbucks, PepsiCo, dan AT&T.

Perusahaan-perusahaan tersebut meminta Google agar Youtube mempunyai fitur filter yang lebih baik untuk mencegah video yang memuat konten negatif. Setidaknya agar iklan yang mereka promosikan tidak muncul pada video yangmemuat konten rasisme, radikalisme, ujuran kebencian, dan terorisme.

 Akibat dari permasalahan tersebut, para youtuber tengah berkeluh kesah dan mengernyitkan dahi lantaran pendapatan mereka dari kontenvideo yang mereka buat sangat menurun drastis sejak pekan lalu.

PewDiePie, artis youtuber populer, jadi salah satu korban menurunnya pendapatan karena hal tersebut. Youtuber asal Swedia terserbut mengaku hanya mendapatkan penghasilan 100 US Dolar atau sekitar Rp. 1.328.900. Angka ini disebutnya sangat kecil jika dibandingkan dengan pendapatan sebelumnya, yang dalam kesempatan tersebut tak ia sebutkan jumlahnya.

 Tak dapat dipungkiri, Youtube sangat mengandalkan pendapatandari perusahaan atau pemegang merek yang beriklan di platform streaming videotersebut.

 Youtuber yang sudah populer mungkin bisa bertahan dengan menjalin kemitraan bersama perusahaan atau merek besar dalam membuat konten yang esklusif. Tapi akan sangat menyakiti Youtuber yang masih dalam skala kecil yang sangat bergantung pada pendapatan iklan Youtube.

Give Your Opinion

Related Articles